Persiba Balikpapan vs PSBS Biak – Kemenangan Harga Mati

Persiba menjalani laga krusial melawan PSBS Biak, besok (28/9). Jika ingin kembali bersaing ke empat besar wilayah timur, pasukan Beruang Madu wajib memetik tiga poin.

Namun, misi Persiba dipastikan tidak mudah. PSBS kini nangkring di peringkat enam klasemen wilayah timur dengan koleksi 24 poin. Capaian itu sama dengan penghuni peringkat 3, PSIM Jogjakarta. Situasi ini membuat skuat arahan Slamet Riyadi punya kans menembus empat besar.

Pelatih Persiba Satia Bagdja mengaku enggan memikirkan statistik dan peringkat tim. Dia menyebut hanya fokus pada laga besok malam. “Intinya adalah kami ingin menang. Tidak usah mikirin head to head dan lain-lain,” kata Satia, Kamis (26/9).

Di sisi lain, sang lawan datang dengan kondisi kurang menguntungkan. Dijadwalkan bermain besok, skuat PSBS datang dalam dua gelombang dan berpeluang tak melakukan uji coba lapangan.

Tak punya adaptasi dengan lapangan, seharusnya cukup menguntungkan Persiba. Namun, Satia punya pendapat lain. Dia justru menilai, kondisi seperti ini patut diwaspadai oleh pemain.

“Ini kan bisa saja bagian dari taktik mereka, menguntungkan atau tidak tergantung pemain kami nanti,” ujar pelatih 60 tahun ini.

Meski saat ini masih terdampar di peringkat delapan, asa Persiba menembus babak selanjutnya masih terbuka. Menyisakan tiga laga kandang dan satu tandang, Beruang Madu wajib menyapu bersih dengan kemenangan.

Jika melihat jadwal Persiba sejatinya lebih diuntungkan. Sebab, pada tiga partai kandang Persiba bakal menjamu tim-tim yang punya kans masuk empat besar, seperti PSBS, Madura FC, dan Martapura FC. (/hul/abi2/k8)