Politisi Sekaligus Anggota Exco Ini Resmi Mendaftar Ketum PSSI

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Refrizal mengambil berkas pendaftaran calon Ketua Umum PSSI periode 2020-2024, di Kantor PSSI, FX Sudirman, Jakarta, Rabu (25/9/2019).

Selain mengambil berkas pendaftaran ketua umum, Refrizal juga mengambil formulir calon wakil ketua umum dan anggota Exco PSSI. Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Anggota Komite 11 itu memiliki motivasi untuk terus mengembangkan sepak bola usia muda yang saat ini sudah berjalan dalam program PSSI.

“Saya Exco yang mengurusi Komite Tetap tentang Pembinaan Usia Muda di PSSI, concern saya adalah pembinaan usia muda pesepak bola kita. Bila nanti saya diamanahkan, saya akan kembangkan lebih jauh sepak bola usia muda,” kata Refrizal.

Saat ini program usia muda PSSI seperti Filosofi Sepak Bola Indonesia (Filanesia) sebagai kurikulum sepak bola di Tanah Air. Lalu lahirnya kompetisi Elite Pro Academy (EPA) Liga 1, seperti U-20, U-18, dan U-16.

Refrizal juga menambahkan, pengemnbangan sepak bola muda yang ada saat ini perlu dikembangkan. Meski demikian, ada kekurangan yang harus ditambahkan.

“Pembinaan usia muda kita cukup baik, bahkan bisa dibilang yang terbaik di Asia Tenggara. Iklim pembinaannya juga bagus, salah satu indikatornya adalah banyaknya jumlah penonton di tiap-tiap pertandingan usia muda,” ungkap Refrizal.

Lebih lanjut, Refrizal ingin pembinaan usia muda harus dikembangkan terutama dengan adopsi sport scientific atau ilmu-ilmu pembinaan olahraga terbaru.

“Usia muda adalah era emas seorang atlit membentuk diri, pembentukan karakter seperti disiplin, penguasaan basic skill dan daya tahan dimulai dari usia ini. Bila kita ingin timnas yang bagus, kita harus serius melakukan pembinaan grass root” tandasnya.