Erick Tohir Siap Tolak Jabatan Menpora demi Urusi Persis Solo

Sosok pengusaha Erick Thohir belakangan menggemparkan dunia sepak bola Kota Solo. Dia diketahui sowan ke Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Sabtu (21/9/19).

Kehadiran mantan bos Inter Milan salah satunya membahas kemungkinan mengelola atau mengakuisisi Persis Solo. Tak main-main, Erick akan menolak jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang digadang-gadang dia jabat nanti demi tim kebanggaan Kota Bengawan.

“Saya akan menolak jabatan Menpora seperti isu yang beredar dan lebih memilih Persis Solo. Jika akhirnya memang berjodoh dengan klub ini,” kata Erick Thohir kepada awak media olahraga di Solo.

Bagi Erick, Persis memiliki sejarah panjang di sepak bola Indonesia. Sebagai salah satu klub besar, Erick ingin klub yang identik dengan seragam merah ini lebih berkembang dan berprestasi.

Selain itu, bos Oxford United tersebut juga menyebut Persis memiliki sarana dan prasarana lengkap, mulai Stadion Manahan yang renovasinya hampir usai, hingga sarana lain seperti akomodasi dan transportasi.

“Tapi membangun tim itu tidak bisa secara instan. Semua butuh proses, saya lebih ingin membangun basis terlebih dulu, kemudian baru kepada konsistensi,” tegas Erick Thohir.

“Banyak klub yang jorjoran, tapi kemudian jatuh. Kami tidak ingin seperti itu, termasuk Persis Solo nantinya,” tambah pengusaha asal Jakarta tersebut.

Patut ditunggu bagaimana kelanjutan saga akuisisi Persis Solo oleh Erick Thohir. Apalagi, sebelumnya 70 persen saham PT Persis Solo Saest selaku pengelola jawara tujuh kali kompetisi Perserikatan itu sudah dibeli seorang pengusaha muda bernama Vijaya Fitriyasa.