Timnas Indonesia U-16 Berpesta 8 Gol Tanpa Balas ke Gawang Brunei

Timnas Indonesia U-16 meraih kemenangan 8-0 atas Brunei Darussalam pada laga ketiga penyisihan Grup G kualifikasi Piala AFC U-16 2020 yang berlangsung di Stadion Madya, Jakarta, Jumat (20/9/2019).

Kemenangan ini membuat Timnas Indonesia U-16 turun ke peringkat kedua dengan poin sembilan karena kalah selisih gol dari China, yang ada di puncak klasemen Grup G.

Pada laga selanjutnya, kedua tim akan bertemu untuk bertarung predikat juara Grup G dan meraih tiket lolos langsung ke Piala AFC U-16 2020.

Timnas Indonesia U-16 tampil menyerang sejak peluit babak pertama dibunyikan. Pada menit keenam, Marselino Ferdinan mengancam melalui tendangan jarak jauh. Namun, masih melebar dari gawang Brunei.

Pada menit ke-14, Timnas Indonesia U-16 mendapatkan penalti setelah Ruy Arianto dilanggar di kotak terlarang. Athallah Araihan, yang menjadi eksekutor, melakukan tugasnya dengan menjebol gawang Brunei kawalan Azali Waliuddin Azrini.

Setelah gol itu, Timnas Indonesia U-16 makin agresif menekan lini pertahanan Brunei. Tiga percobaan datang dari Resa Aditya pada menit ke-17, Ruy Arianto pada menit ke-23 dan ke-29, namun belum mampu mengubah keadaan.

Timnas Indonesia U-16 dibuat penasaran pada menit ke-37. Aditya Daffa melepaskan tembakan, namun bola masih bisa diselamatkan mistar gawang Brunei.

Pada menit ke-43′, Timnas Indonesia U-16 baru bisa menggandakan keunggulan melalui Aditya Daffa. Berawal dari tendangan sudut Ruy Ardianto, Aditya Daffa yang lolos dari pengawalan langsung menyundul bola. Skor 2-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia U-16 bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Memasuki paruh kedua laga, Timnas Indonesia U-16 langsung mengambil inisiatif menyerang. Pada menit ke-47, wasit kembali menunjuk titik putih setelah Marselino Ferdinan dilanggar Aqil Ikhwan Azman. Marselino, yang jadi eksekutor, berhasil melakukan tugasnya dengan menjebol gawang Brunei.

Timnas Indonesia U-16 kembali mencetak gol pada menit ke-61. Berawal dari umpan silang Marselino Ferdinan, Muhammad Faizal langsung menyundul bola yang akhirnya bersarang di pojok kiri gawang.

Dua menit kemudian giliran Ruy Ardianto yang mencatatkan namanya di papan skor. Memanfaatkan umpan terobosan, Ruy langsung masuk ke kotak penalti dan melepaskan tembakan yang gagal diantisipasi kiper Brunei.

Pada menit ke-68, Faisal kembali mencetak gol untuk Timnas Indonesia U-16. Memanfaatkan umpan Athallah Araihan di dalam kotak penalti, Faizal langsung melepaskan tembakan keras ke sisi kiri gawang.

Timnas Indonesia U-16 kian tak terbendung setelah menambah gol pada menit ke-83. Ruy Ardianto mencetak gol lagi setelah menyundul bola hasil umpan silang Faizal.

Pesta gol Timnas Indonesia U-16 akhirnya ditutup oleh Aditya Daffa pada menit ke-87. Memaksimalkan umpan Valeron, Aditya Daffa kemudian menyundul bola yang kembali menghujam sisi kiri gawang Brunei. Hingga peluit panjang, tak ada gol tambahan.

Susunan Pemain

Brunei (4-2-3-1): Azali Waliuddin Azrini (kiper), Aqil Ikhwan Azman, Nazry Aiman Azaman, Wafiq Danish Hasimulabdillah, Danial Hariz Syukrin (belakang), Abdul Hafiy Herman, Ali Munawwar Abdul Rahman, Danisyh Syariee Masrazni, Iddzaham Aleshahmezan Metali, Syahmi Ikhwan Idris(tengah), Syaherrul Affendy Syahmirul Nizam (depan)

Pelatih: Ikhmarol Izzat Omar (Brunei)

Timnas Indonesia U-16 (3-5-2): I Made Putra Kaicen (kiper), Alfin Lestaluhu, Alexandro Felix Kamuru, Kadek Arel Priyatna (belakang), Resa Aditya Nugraha, Aditya Daffa Al Haqi, Raka Cahyana Rizky, Dimas Juliono Pamungkas, Marselino Ferdinan (tengah), Ruy Arianto, Ahmad Athallah Araihan (depan)

Pelatih: Bima Sakti (Indonesia)