Terancam Degradasi, Persiba Balikpapan Wajib Sapu Bersih Poin di Sisa Liga 2 2019

Persiba Balikpapan mulai berhitung peluang degradasi pasca-kekalahan 0-2 dalam lanjutan Liga 2 2019 Grup Timur di markas Persik Kediri, Stadion Brawijaya, Kamis (19/9/19).

Menduduki urutan kedelapan dari 11 tim dengan hanya meraih 18 poin dari 16 laga jelas bukan pencapaian ideal bagi tim berjuluk Beruang Madu tersebut.

Empat laga sisa musim tak boleh lagi disia-siakan oleh Yusuf Effendi dkk. Terlebih, Persiba Balikpapan masih menyisakan tiga laga kandang, masing-masing menjamu PSBS Biak, Martapura FC, dan Madura FC. Satu lainnya bertandang ke markas Mitra Kukar.

“Kalau kami tidak mau sampai terdegradasi, sisa pertandingan harus lebih maksimal lagi,” kata asiten Pelatih Persiba, Djarot Suprianto, dalam jumpa pers pasca-laga kontra Persik Kediri.

Eks kontestan Liga 1 2017 itu memang terlihat tak konsisten dalam menjaga irama permainan. Ketangguhan pertahanan di babak pertama, seolah luntur ketika memasuki paruh kedua.

Persik yang menemukan momentum bagus dalam serangan, terbukti jeli dalam memanfaatkan kelengahan lawan. Dua gol Septian Bagaskara pada menit ke-56 dan 67 pun tercipta cukup mudah, yakni ketika lini pertahanan Persiba terlalu fokus selama melihat pergerakan bola.

“Pertandingan yang cukup bagus, tapi sayang kami gagal meraup poin di kandang Persik Kediri,” tandas Djarot Suprianto yang wajahnya memperlihatkan raut kekecewaan.

Mengacu pada posisi saat ini, peluang Persiba Balikpapan untuk tetap eksis di Liga 2 memang masih terbuka. Memenangi tiga dari empat laga sisa sudah cukup untuk membuat mereka bertahan di kompetisi kasta kedua Indonesia musim depan, dimulai dari PSBS Biak (28 September).