Liga 1: Arema Tersungkur Lagi di Kandang Persela

Arema gagal kembali menghuni papan atas Shopee Liga 1 2019. Langkah Singo Edan tersendat lantaran dikalahkan Persela Lamongan 0-2 di Stadion Surajaya, Jumat (20/9/2019).

Gol Sugeng Efendi (’19) dan Rafinha (’48) jadi biang keterpurukan Arema pada pertandingan yang disiarkan Indosiar ini.

Ricky Kayame sempat menjebol gawang tuan rumah di menit ke-15. Namun, wasil menganulir karena menilai pemain berusia 25 tahun itu menyentuh bola dengan tangan.

Alih-alih unggul, gawang Arema justru kebobolan tidak lama berselang. Penetrasi Kei Hirose membuat pertahanan Singo Edan panik. Winger asal Jepang itu kemudian melepas umpan yang dimaksimalkan Sugeng Efendi.

Persela kembali menggebrak di awal babak kedua. Rafinha menggandakan keunggulan tuan rumah lewat tendangan jarak jauh.

Rafinha kemudian hampir kembali mencatatkan nama di papan skor. Namun, kali ini wasit menganulir karena pemain asal Brasil itu terjebak offise.

Arema bukannya tidak berusaha. Namun, mereka kesulitan menciptakan peluang berarti. Kalaupun mendapat kans, pemain Singo Edan gagal memaksimalkan menjadi gol. Satu di antaranya tandukan Hamka Hamzah, yang masih melebar.

Skor tidak berubah bagi kedua tim. Persela pun meraih kemenangan perdana dalam empat pertandingan terakhir.

Hasil ini sekaligus memperpanjang performa buruk Singo Edan, yang kini gagal meraih kemenangan dalam empat laga.

Makan Konate dkk. kini mengoleksi 27 poin dari 18 pertandingan dan terdampar di peringkat sembilan. Mereka tertinggal 17 poin di belakang pimpinan klasemen, Bali United.

Di sisi lain, Persela berhasil membalas setelah dikalahkan Arema 2-3 pada pertemuan pertama di Malang. Pasukan asuhan pelatih Nilmaizar pun meninggalkan zona degradasi. Laskar Joko Tingkir kini menduduki posisi ke-13 dengan koleksi 19 poin dari 19 pertandingan.

Susunan Pemain

Persela Lamongan (4-5-1): 33-Dwi Kuswanto; 2-Moch. Zaenuri, 30-Eky Taufik, 28-Arif Satria, 14-Ahmad Birrul; 18-Hambali Tholib, 8-Kei Hirose, 27-Sugeng Efendi, 23-Izmy Hatuwe, 13-Lucky Wahyu; 26-Rafinha

Pelatih: Nilmaizar

Arema FC (4-3-3): 96-Kartika Ajie; 8-Nasir, 32-Alfin Tuasalamony, 23-Hamka Hamzah, 19-Hanif Sjahbandi; 10-Konate Makan, 77-Takafumi Akahoshi, 12-Hendro Siswanto; 21-Riky Kayame, 41-Dendi Santoso, 30-M.Rafli

Pelatih: Milomir Seslija