Jika Gagal di Kualifikasi Piala Dunia, Timnas Indonesia Akan Ikuti AFC Solidarity Cup

Timnas Indonesia dihadapkan dengan jalan terjal untuk menuju putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia serta Kualifikasi Piala Asia 2023.

Indonesia sendiri tergabung di Grup G, bersama Uni Emirat Arab, Vietnam, Thailand, dan Malaysia. Dua laga awal di kandang sendiri, berakhir dengan kekalahan untuk anak asuh Simon McMenemy.

Skuat Garuda takluk 2-3 dari Malaysia dan 0-3 dari Thailand meski bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Memang masih ada enam pertandingan tersisa di grup ini untuk menentukan posisi Indonesia di kualfikasi Piala Dunia dan juga Piala Asia.

Jika Indonesia menjadi juru kunci di Grup atau empat tim terbawah di putaran kedua babak kualfiikasi Piala Dunia 2022, mereka akan bermain di ajang AFC Solidarity Cup.

AFC kembali akan menggelar AFC Solidarity Cup, yang memasuki edisi kedua sejak dimulai tahun 2016 lalu.

Turnamen ini akan diikuti 10 negara peringkat terbawah di konfederasi Asia (terdiri dari enam tim yang tersingkir pada babak pertama Kualifikasi Piala Asia dan empat tim terbawah pada putaran kedua).

Sebelumnya ada negara seperti Brunei Darussalam, Timor Leste, Makau, Laos, Pakistan dan Bhutan yang gagal di putaran pertama babak kualifikasi Piala Dunia 2022.

Apabila Timnas mampu menjuarai AFC Solidarity Cup maka mereka akan meraih tiket ke putaran final Piala Asia 2023.

AFC Solidarity Cup sendiri akan dilaksanakan pada 30 November dan 13 Desember 2020, setelah putaran akhir Kualifikasi Piala Asia 2023 rampung.

Di edisi perdana tahun 2016 lalu Nepal sukses keluar sebagai juara.

Terdapat 40 negara yang tersebar ke delapan grup yang berisikan lima negara. Juara setiap grup akan dipastikan lolos ke babak ketiga. Sementara untuk runner-up grup atau peringkat kedua grup hanya daimbil empat terbaik saja.

Akan tetapi jika Qatar, sang tuan rumah Piala Dunia 2022, berhasil menjadi juara grup atau runner-up grup terbaik pada babak dua ini, maka akan ada lima tim dari posisi runner-up yang berhak melenggang ke babak ketiga.

Tuan rumah Piala Dunia biasanya tidak mengikuti babak kualifikasi. Namun berbeda pada edisi kali ini, dimana Qatar harus mengikuti babak kualifikasi karena babak kualifikasi Piala Dunia 2022 kali ini disatukan dengan babak kualifikasi Piala Asia 2023.

Juara grup dan empat terbaik runner-up masing-masing grup, selain melenggang ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022, juga akan otomatis lolos ke fase grup Piala Asia 2023 yang digelar di Tiongkok.

Sementara itu untuk empat runner-up grup di luar empat terbaik, bersama negara-negara yang menempati peringkat ketiga pada masing-masing grup babak dua kualifikasi akan mendapatkan tempat di babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023. Babak ketiga ini menjadi pintu terakhir sebelum babak grup Piala Asia 2023.