Tak Bisa Bela Persib, Fabiano Beltrame Akan Pulang Kampung ke Brasil

Proses naturalisasi Bek Persib Bandung, Fabiano Beltrame tak kunjung rampung hingga bursa transfer tengah musim ditutup pada Senin (16/9/2019).

Padahal, Fabiano sebenarnya sudah direkrut Persib dari Madura United sejak putaran pertama lalu.

Proses naturalisasi Fabiano Beltrame harus molor hingga saat ini lantaran prosesi pengambilan sumpah dijadwal ulang.

Praktis, pemain kelahiran Brasil tesebut hanya berlatih dan mengikuti roadshow bersama skuat Maung Bandung.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts mengaku kecewa berat dengan urungnya pemain 38 tahun tersebut membela Maung Bandung pada sisa pertandingan Liga 1 2019.

Mengutip laporan dari Tribun Jabar, ada dua alasan yang melatarbelakangi kekecewaan mantan juru taktik PSM Makassar itu, yaitu kerugian bagi Fabiano dan Persib.

“Pertama untuk Fabiano sendiri, tidak mudah untuk setiap hari terus menunggu dan akhirnya dia tidak bisa bermain. Di sepakbola, pemain seperti Fabiano yang mempunyai kualitas dan kepribadian bagus, tentu dia ingin bermain,” ujar Robert seperti dikutip BolaSport.com.

Robert mengonfirmasi Fabiano masih akan tinggal di Bandung untuk menunggu proses naturalisasi selesai.

Namun demikian, karena ia tak bisa membela Persib maka dirinya bakal kembali ke Brasil sambil mempersiapkan diri menghadapi Liga 1 2020.

“Kami sudah berdiskusi dengan Fabiano dan dia masih akan tinggal di Bandung dan menunggu naturalisasinya selesai. Setelah itu dia akan membuat keputusan dan akan kembali ke Brasil untuk melakukan persiapan sebelum kembali bermain musim depan,” kata pelatih asal Belanda ini.

Robert juga kecewa kepada Persib karena sebagai tim telah mengontrak pemain yang tak pernah tampil bermain.

Ia menyayangkan lowongnya posisi bek yang ditinggal Victor Igbonefo sejak awal kompetisi.

“Kami kehilangan bek yang penting karena pergi ke Thailand dan mendapat pengganti yang tidak kalah penting seperti Fabiano di lini belakang. ia merupakan pemain yang penting di pertahanan dan itulah faktanya,” kata Robert.

Urung tampilnya Fabiano di skuat Persib menjadi kehilangan besar bagi Robert Rene Alberts, sebab dia sudah menyiapkan komposisi lini belakang impian.

“Merasa sedih terhadap Fabiano dan sayangnya situasi ini terjadi pada Persib karena mengontrak pemain, tapi pemain tersebut tidak bisa bermain dan tim juga kehilangan pemain yang berkualitas,” ucapnya.

Bahkan secara khusus, Robert sempat berucap bakal menduetkan Fabiano dengan rekrutan asing teranyar Persib, Nick Kuipers.

“Nick dan Fabiano akan berduet di lini belakang. Jika melihat duet bek baru dengan Fabiano itu sangat dinantikan,” tutur Robert pada Agustus silam.

Pihak manajemen Persib juga pasrah dengan status Fabiano Beltrame.

“Belum juga sampai sekarang (proses naturalisasi Fabiano). Tunggu sampai besok saja,” kata Teddy Tjahjono, salah satu petinggi PT Persib Bandung Baermartabat (PT.PBB) dikutip BolaSport.com dari Simamaung.

Sementara, manajer tim, Umuh Muchtar juga MENGAKU menanggapi proses naturalisasi Fabiano.

“Pasrah saja rugi, kasian Fabiano-nya juga, kariernya, walaupun cuma latihan tapi dia, kan, butuh main,” ujar Umuh seperti dikutip dari Tribun Jabar.

“Ke depan kalau masih bisa lihat dulu, itu urusan manajemen tapi mereka suka bicara sama kami,” tambahnya.