Investor Baru Ingin Jadikan Persis Solo Seperti Barcelona

Vijaya Fitriyasa diperkenalkan sebagai calon investor baru untuk mengambil alih mayoritas saham PT Persis Solo Saestu (PSS), pengelola Persis Solo, menggantikan Sigid Haryo Wibisono. Perkenalan Vijaya di depan media dilaksanakan di Repha’sa Café Hotel Alila, Kota Solo, Minggu (15/9) malam.

Presiden Direktur PT PSS, Eddy Junaidi, selaku pengelola Persis yang lama menyampaikan, sebelum meminati untuk mengelola Persis, Vijaya adalah pemilik klub Liga 3, Jakarta United FC.

“Kami memperkenalkan Vijaya Fitriyasa ke publik sepakbola Kota Solo untuk menggantikan pemilik lama dengan mayoritas saham sebesar 70 persen. Sementara pemilik lama (Sigid Haryo Wibisono-red) masih memiliki 20 persen, dan sisanya terbagi ke 26 klub internal,” ungkap Eddy Junaidi.

Di hadapan media, Vijaya menyampaikan visi misinya untuk Persis. Dia ingin mengubah pengelolaan klub yang berdiri pada tahun 1923 ini ke arah profesional. Vijaya menyampaikan ingin mengambil alih segera pengelolaan Persis untuk memenuhi target promosi Liga 1 dan pengelolaan seperti klub di liga papan atas Eropa.

“Saya ingin mengubah Persis menjadi superklub, dari pengelolaan manajamen, klub, hingga menjadi sebuah industri sepakbola. Saya ingin Persis seperti Barcelona, Real Madrid di Liga Spanyol dan seperti Liga Inggris,” terangnya.

Vijaya mengungkapkan belum bisa membuka berapa nominal harga yang telah disepakati antara dirinya dengan Sigid. Dia masih merahasiakan dan harus izin ke pemilik lama untuk nominalnya.

“Pak Sigid tidak ikut jumpa pers, saya harus izin dulu kalau nominalnya, karena ada klausul yang harus dirahasiakan. Saya hanya bisa menyampaikan, selama ini 4.500 lembar saham milik PT Syahdana Property Nusantara (SPN) milik Pak Sigid. Lalu dengan kesepakatan ini, 3.500 lembar berpindah ke saya, sementara 1.000 lembar Pak Sigid, dan 500 lembar 26 klub internal,” jelasnya.

Disinggung terkait dengan konsolidasi dan komunikasi dengan pemangku kepentingan, seperti Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, Askot PSSI Kota Surakarta, dan 26 klub internal, Vijaya mengakui belum bertatap muka secara langsung.

“Sampai malam ini, saya belum bisa bertemu dengan Pak Wali Kota, karena katanya pergi ke luar kota. Namun komunikasi dengan Wali Kota melalui telepon sudah berjalan. Saya berharap pekan ini bisa bertemu dan menyampaikan visi misi ke depan bersama Persis,” tegasnya.(gk-18)