Resep Kekompakan Persipura Menurut Jacksen Tiago dan Titus Bonai

Jacksen Tiago memberikan pujian setinggi langit kepada pemain Persipura Jayapura setelah mengalahkan Persela Lamongan 2-0 di Stadion Delta Sidoarjo, Minggu (15/9/2019).

Pujian itu mendapat respons positif dari anak didiknya. Titus Bonai yang memborong dua gol mewailiki rekan setimnya balik menjunjung tinggi sang mentor di hadapan para awak media.

“Terima kasih atas pujian coach Jacksen kepada para pemain. Kami tak hanya tersanjung, tapi juga bangga punya pelatih hebat yang bisa membuat kami percaya diri dan tampil bagus tiap pertandingan. Kami juga terima kasih coach Jacksen berhasil membangkitkan spirit kami untuk bangkit ketika terpuruk di awal musim ini,” kata Tibo.

Pemain yang akrab disapa Tibo itu terang-terangan mengapresiasi kelebihan arsitek asal Brasil itu baik soal pribadi maupun kapasitasnya sebagai juru racik tim.

“Kami sudah saling kenal dengan coach Jacksen sejak lama, baik pribadi maupun teknis. Di mata kami, coach Jacksen berbeda dengan pelatih lainnya. Dia punya teknik melatih yang mudah kami serap, pahami, dan diterapkan di permainan. Dia juga sosok yang selalu optimis melihat suatu masalah. Ini yang menginspirasi kami bisa bangkit lagi,” tutur Tibo.

Jacksen Tiago memang bukan sosok baru bagi Persipura Jayapura. Dia pernah memberi kejayaan kepada Mutiara Hitam pada era 2008-2014. Tibo merupakan satu di antara pemain muda yang diorbitkan Jacksen Tiago kala itu.

Makanya, hampir semua pemain Persipura Jayapura sangat paham dengan karakter sang nakhoda.

“Saya pernah lama di Persipura. Jadi di antara kami sudah saling tahu kepribadian masing-masing. Apakah itu sisi baik maupun buruk dari pribadi kami. Teman-teman pelatih sebelumnya mungkin hanya melihat sisi negatif pemain. Tapi saya tidak seperti itu. Saya lebih memanfaatkan sisi positif kelebihan mereka untuk menjadi sebuah kekuatan tim ini. Hasilnya luar biasa,” ujar Jacksen Tiago.

Tibo respek terhadap apapun keputusan sang pelatih terhadap dirinya. Termasuk memarkirinya pada pertandingan sebelumnya.

“Saya terima kasih kepada coach Jacksen. Kami (pemain) sangat respek dengan semua keputusannya. Saya pernah tak dimainkan. Tapi pelatih lebih tahu kebutuhan tim yang disesuaikan dengan strategi permainan. Karena saya pribadi juga melihat kepentingan tim yang lebih utama,” ucapnya.

“Tibo memang tak saya turunkan pada partai sebelumnya. Tapi dia bisa menerima keputusan saya. Hari ini, dia tampil luar biasa dengan dua golnya yang membuat kami memenangkan pertandingan ini,” kata Jacksen Tiago.