Persipura Jayapura Upayakan Laga Lawan Persib Bandung Bisa Digelar Dengan Penonton

Persipura Jayapura masih akan menjadi tim musafir pada lanjutan Liga 1 2019. Itu lantaran Stadion Mandala, Jayapura, sedang dalam tahap renovasi untuk kepentingan PON 2020 di Papua.

Sejak renovasi tersebut, Persipura sudah menggunakan Stadion Aji Imbut (Tenggarong) ketika menjamu Persija Jakarta, dan Stadion Gelora Delta (Sidoarjo) saat menghadapi Persela Lamongan. Untuk laga kandang terdekat, tim Mutiara Hitam akan melakoni laga melawan Persib Bandung.

Duel kedua tim rencananya akan kembali digelar di Stadion Gelora Delta, 23 September nanti. Namun untuk laga ini, Persipura mengupayakan pertandingan bisa dihadiri penonton. Sebab saat melawan Persela, Persipura hanya mendapatkan izin untuk menggelar pertandingan secara tertutup alias tanpa penonton.

“Kami melawan Persib ingin ada penonton, tetapi kan situasi izinnya digelar tanpa penonton sesuai koordinasi panitia dengan pemerintah daerah dan pihak keamanan. Tapi kami akan berusaha karena ini bukan partai usiran dan bukan partai larangan,” kata Firman, media officer Persipura kepada Goal Indonesia.

“Kalau masalah pengaruh atau tidak ya mungkin kapasitasnya ada di manajemen, saya hanya ke panpel dan media. Tetapi harusnya terpengaruh, tim manapun pasti akan membutuhkan pemain ke-12,” tambahnya.

Di sisi lain, Persipura juga tidak bisa bergantung terus untuk menggunakan Stadion Gelora Delta sebagai kandang mereka. Pasalnya, pemakaian stadion tersebut bisa dibilang cukup padat. Selain Persipura, ada Deltras Sidoarjo yang juga menggunakan stadion ini. Bahkan dua laga Madura United melawan Persib dan Persebaya Surabaya juga bakal digelar di stadion itu.

“Kalau stadion dipakai kegiatan lain ya kami harus pergi lagi. Mau tidak mau tergantung izin, baik dari pemerintah atau yang memiliki stadion dan pihak kepolisian atau keamanan,” jelas Firman.(gk-48)