Madura United Tetap Optimistis walau Hadapi Jalan Terjal Putaran Kedua

Madura United mengawali putaran kedua Shopee Liga 1 2019 dengan kurang meyakinkan. Mereka ditahan 2-2 Barito Putera dalam pekan ke-18 di Stadion Gelora Bangkalan, Sabtu (14/9/2019).

Kini, tersisa 16 pertandingan lagi yang harus dijalani klub berjulukan Laskar Sape Kerap itu. Meski demikian, pelatih Madura United, Rasiman, tetap optimistis bisa berbuat banyak untuk masuk persaingan juara.

“Saya masih optimis. Ada beberapa hal positif yang dicapai tim ini. Artinya, dulu tim kami kesulitan mendominasi pertandingan. Sekarang tidak sekadar bertanding, tapi terus mendominasi dan upaya mengurung pertahanan lawan,” ucap Rasiman.

Penampilan Madura United sebenarnya masih di luar harapan. Saat menjamu Barito Putera, mereka sempat tertinggal dua gol terlebih dahulu sebelum menyamakan kedudukan.

Barito Putera unggul dua gol lewat Fransisco Torres (13′-penalti) dan Rafael da Silva (62′). Beruntung, Madura United kemudian menyamakan kedudulan berkat gol Beto Goncalves (76′) dan Aleksandar Rakic (78′).

“Ada beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki seperti umpan, crossing, dan penyelesaian akhir. Cuma itu saja yang harus lebih dibenahi,” kata Rasiman.

“Ketinggalan 0-2 bukan situasi yang mudah buat kami untuk mengejar dan menyamakan kedudukan,” imbuh pelatih Madura United asal Banjarnegara itu.

Rasiman akan membuat pemain Madura United nyaman dengan terus memberikan motivasi.

“Saya tetap memberi apresiasi untuk pemain yang terus berjuang dan mengeluarkan semua usaha mereka. Dalam situasi tertinggal tidak mudah,” tuturnya.

Tantangan Madura United untuk bersaing di papan atas memang tidak mudah. Dari 16 laga tersisa, hanya enam di antaranya yang digelar di kandang, sisanya mereka harus melawat ke markas lawan.

Saat ini, klub asal Pulau Garam itu menduduki peringkat ketiga dengan 31 poin. Mereka tertinggal 10 angka dari Bali United di puncak klasemen dengan 41 poin.