Kiat Jitu Darije Buat PSM Makassar Nyaris Tak Punya Pemain Cedera

Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic, menyebut hanya ada satu pemainnya yang mengalami cedera akibat menjalani jadwal super padat musim ini.

Pasukan Ramang mengikuti tiga kompetisi resmi yaitu Piala AFC 2019, Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/2019, dan Shopee Liga 1 2019 serta satu turnamen pra musim yaitu Piala Presiden 2019 pada musim ini.

Meski demikian, Darije menyebut hanya penyerang sayap, Saldy, yang mengalami cedera. Eks pelatih Jong PSV ini pun membocorkan sedikit rahasianya.

“Kami sudah menjalani jadwal padat sejak Maret lalu, kami bermain di Piala AFC, Piala Indonesia, dan Liga 1. Saya tidak melihat tanda-tanda kelelahan sama sekali dari pemain saya,” ungkap Darije, Sabtu (14/9/19) malam.

“Karena kalau pemain mulai merasakan kelelahan, berarti mereka rentan terkena cedera otot. Hanya Saldy mengalami cedera otot selama tujuh hari namun dia sudah tidak bermain untuk kami lagi,” lanjut ia lagi.

Harus diakui, Darije terbilang sukses menjaga kebugaran pemainnya musim ini. Ia bahkan tidak segan mengistirahatkan pemainnya yang mengalami cedera dalam kurun waktu yang sangat lama.

Sebut saja Zulkifli Syukur dan Ferdinand Sinaga yang menjalani program pemulihan selama dua sampai tiga bulan untuk kembali menemukan level terbaiknya sebelum kembali dimainkan.

Begitupun dengan penyerang baru, Ezra Walian, yang mendapat program khusus selama satu bulan untuk bisa menjalani debutnya di Shopee Liga 1 2019 setelah direkrut pada jendela transfer paruh musim.

Ezra diberikan program khusus sebab cukup lama tidak merasakan atmosfer pertandingan setelah tidak mendapatkan perpanjangan kontrak dari Almere City maupun perpanjangan masa peminjaman dari RKC Walwijck sejak akhir Juni lalu.