Exco PSSI: Simon McMenemy Cocoknya Latih Klub Bukan Timnas Indonesia

Anggota komite eksekutif (Exco) PSSI Refrizal, menilai Simon McMenemy, memang belum layak menukangi timnas Indonesia. Ia menyebut sosok asal Skotlandia tersebut levelnya untuk melatih klub.

McMenemy, kini menjadi sorotan publik tanah air. Kekalahan beruntun yang didapatkan timnas Indonesia pada Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022, kontra Malaysia dan Thailand, jadi sebabnya.

Bahkan, sejumlah suporter timnas Indonesia sudah melakukan seruan agar McMenemy dicopot dari jabatannya. Mereka merasa kecewa dengan penampilan yang diperlihatkan pasukan Garuda.

PSSI pun tidak menutup mata dengan suara suporter timnas Indonesia. Dalam waktu dekat ini Exco PSSI berencana melakukan rapat evaluasi terkait kinerja McMenemy.

“Sepertinya level dia [McMenemy] bukan level pelatih timnas, cocoknya masih melatih klub dulu. Seorang pelatih timnas itu harus punya wawasan yang pemainnya tersebar. Dia harus melihat secara luas, di mana pun memantau pemain dan memilih pemain karena nanti itu jadi pemain timnas kita,” kata Refrizal.

“Seorang pelatih harus seperti itu, harus pantau semua. Itu baru pelatih level timnas. Kalau dia [McMenemy] ini belum sampai ke tahap itu. Saya usulkan harus dievaluasi ini orang. Kalau bisa secepatnya, karena masih ada pertandingan selanjutnya,” tambahnya.

Saat ini timnas Indonesia menduduki posisi juru kunci Grup G, dengan raihan nol poin. Uni Emirat Arab jadi lawan terdekat yang akan dihadapi Hansamu Yama dan kawan-kawan dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022, pada 10 Oktober 2019.