Baru Tiba, Pelatih Asing Akui Berat Angkat Semen Padang

Eduardo Almeida, pelatih asing dari Portugal langsung mengatakan, berat untuk mengangkat Semen Padang dari zona degradasi Liga 1 2019, dengan persaingan keras dan modal pemain yang dimiliki.

Namun Eduardo optimis, jika misi berat ini bisa terlaksana jika para pemain dan manajemen mendukung penuh program latihan dan strategi permainannya di lapangan.

Tim ‘Kabau Sirah’ berada di dasar klasemen Liga 1 2019 dengan 11 angka dari 2 kali menang, 5 kali seri dan 10 kali kalah. Berjarak lima angka dengan dua penghuni zona degradasi lainnya, Barito Putra dan Persela Lamongan dengan 16 poin.

“Saya pikir ini adalah tantangan besar yang baru dimulai di sini, butuh kerja keras seluruh tim untuk meraih poin di setiap laga untuk menyelamatkan tim,” kata Eduardo melalui keterangan pers di Padang, Senin (16/9).

Dirinya tetap optimistis mampu keluar dari situasi pelik ini walaupun Semen Padang terbenam di dasar klasemen yakni peringkat ke-18 dari 18 tim yang berlaga di kompetisi Shopee Liga 1 2019.

Ia mengatakan masih ada 17 laga lagi dan dimulai dari saat tim ini bertandang ke markas Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat Bandung pada Rabu (19/9).

“Kami harus memulainya sekarang bersama-sama, kami harus segera bangkit karena masih ada banyak laga yang masih tersisa. Kami yakin dengan bersama-sama bisa menghadapi ini,” kata Eduardo.

Ia mengatakan menghadapi Persib Bandung merupakan pertandingan perdana melatih tim di Indonesia dan dihadapkan dengan situasi harus menyelamatkan tim dari zona degradasi. “Saya tentunya tertantang untuk bisa membawa tim ini kembali bersaing dan keluar dari zona merah,” sebut Eduardo.

Ia mengatakan dalam merealisasikan targetnya bertahan di Liga 1 maka timnya harus menghadapi setiap pertandingan dengan target meraih poin semaksimal mungkin.

Pelatih asal Portugal ini menggantikan posisi Weliansyah sebagai pelatih Semen Padang FC yang dipercaya manajemen menggantikan Syafrianto Rusli selepas hasil buruk yang diraih tim peringkat kedua di Liga 2 2018 tersebut.