Resep PSS Tetap Perkasa di Tengah Krisis

PSS Sleman menjadi tim promosi yang cukup teruji di Shopee Liga 1 2019. Terbaru, Yevhen Bokhasvili dkk. berhasil meraih kemenangan di kandang Semen Padang dalam pekan ke-18, Jumat (13/9/2019).

Gol tunggal Sidik Saimima ke gawang Semen Padang membuat PSS Sleman makin perkasa bersaing di papan atas klasemen. Super Elang Jawa untuk sementara duduk di urutan keempat dengan nilai 27.

Kemenangan yang diraih PSS juga didapat dengan tidak mudah. Deretan pemain intinya harus absen karena cedera atau akumulasi kartu kuning. Brian Ferreira, Bagus Nirwanto, Dave Mustaine, Purwaka Yudi, Arie Sandi, dan Kushedya Hari Yudo tidak tampil dalam duel di Padang.

Kondisi tersebut ternyata bukan menjadi halangan bagi PSS dengan berhasil meraih angka penuh. Kemenangan atas Semen Padang juga menjadi catatan poin penuh ketiga kalinya untuk laga tandang di musim ini.

Pelatih PSS, Seto Nurdiyantoro, menjelaskan adanya faktor penting yang membuat timnya tetap tampil impresif. Kemauan semua pemain untuk bekerja keras dan menunjukkan kualitas diri menjadi kunci.

“Pemain masih ada kemauan dan perjuangan untuk meningkatkan prestasi baik secara individu maupun tim. Terpenting anak-anak punya motivasi yang lebih,” beber Seto Nurdiyantoro, Sabtu (14/9/2019).

“Kami juga berysukur ada banyak pemain yang tidak hanya bermain di satu posisi saja. Mereka bisa beroperasi di posisi lain, meski tak semaksimal di tempat aslinya,” kata Seto.

Seto mengharapkan adanya pemain baru sebelum jendela transfer paruh musim ditutup. Beberapa nama diakui Seto disodorkan ke manajemen. Hanya saja belum berbuah hasil maksimal.

“Mirip ketika awal musim kami kesulitan rekrut pemain. Mungkin karena faktor finansial. Kondisi pemain kebanyakan dari Liga 2, tapi mereka tetap bekerja dengan baik,” ujar pelatih PSS Sleman itu.