Pengusaha Migas Asal Jakarta Mengambil Alih Persis Solo

Persis Solo resmi memiliki pengelola baru di tengah kompetisi musim 2019. Pengusaha asal Jakarta, Vijaya Fitriyasa telah membeli mayoritas saham yang sebelumnya dimiliki oleh Sigid Haryo Wibisono.

Pria yang merupakan pengusaha bidang minyak dan gas (migas) tersebut sebelumnya telah memiliki klub yang tercatat sebagai anggota Asprov PSSI DKI Jakarta. Klub tersebut bernama Jakarta United Football Club (JUFC) yang pada 2018 yang berlaga di Liga 3 Indonesia zona DKI.

Vijaya mengklaim telah memiliki 70 persen dari total saham di perusahaan Persis Solo, yakni PT Persis Solo Saestu (PSS). Sebanyak 20 persen saham milik Sigid Haryo Wibisono, dan 10 persen lainnya milik klub yang menjadi anggota Persis.

Vijaya dan jajaran manajemen di Persis yang baru, menggelar jumpa pers di Alila Hotel, Kota Solo, Minggu (15/9/2019) malam. Dirinya membeberkan pertimbangan menjadi pengelola baru klub berjulukan Laskar Sambernyawa.

“Persis Solo adalah tim legendaris dengan sejarah panjang. Satu diantara tim pendiri PSSI dengan basis suporter yang begitu besar. Kami ingin membangun Persis sebagai super club karena potensinya besar,” ungkap Vijaya.

Ambisinya saat ini adalah mengubah Persis Solo menjadi tim yang menerapkan industri sepak bola pada masa depan. Menurutnya, pengelolaan Persis selama ini masih menyisakan banyak kekurangan.

Bukti keseriusan Vijaya untuk mengelola Persis Solo, adalah siap menggelontorkan dana yang cukup besar, yakni Rp60 miliar, dengan target promosi ke Liga 1.

Selanjutnya, Vijaya akan berkoordinasi dengan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, dan menyatukan kembali gaung Persis bersama suporter yang sempat renggang di bawah pengelola sebelumnya.

Hingga pekan ke-14 Liga 2, anak asuh Choirul Huda untuk sementara berada di posisi keempat klasemen Liga 2 Grup Timur dengan nilai 20. Dalam laga terakhir, Iman Budi Hernandi dan kawan-kawan, menyerah 1-2 dari tuan rumah Martapura FC, Jumat (13/9/2019).

“Persis masih ada peluang untuk lolos ke babak delapan besar dan bahkan promosi ke Liga 1. Meski di tiga pertandingan belum menang, ada enam laga tersisa yang harus diraih secara maksimal,” kata Vijaya.