Pelatih Barito Putera Anggap Madura United Tak Layak Dapat Penalti

Barito Putera gagal memetik poin penuh di markas Madura United dalam laga pekan ke-18 Shopee Liga 1 2019. Keunggulan dua gol dibalas dengan dua gol pula oleh tim tuan rumah, membuat duel di Stadion Gelora Bangkalan, Sabtu (14/9/2019), ini berakhir dengan skor 2-2.

Barito Putera unggul dua gol lewat Fransisco Torres (13’/penalti) dan Rafael da Silva (62′). Namun, Madura United kemudian menyamakan kedudulan berkat gol Beto Goncalves (76′) dan Aleksandar Rakic (78’/penalti).

Pelatih Barito Putera, Djadjang Nurdjaman, menganggap Madura United tidak layak mendapat penalti, yang kemudian berbuah gol Rakic. Dia menilai wasit Suhardiyanto saat menunjuk titik putih kurang jeli melihat kejadian.

“Kami membawa pulang tiga poin kalau wasit bisa melihat jelas, itu tidak handsball. Saya harap wasit lebih jeli supaya tidak merugikan salah satu tim,” ucap pelatih yang akrab disapa Djanur itu.

Dalam tayangan ulang, sebenarnya terlihat jelas pemain Barito Putera, Nazar Nurzaidin, melakukam handsball di kotak terlarang. Hal itu terjadi setelah gelandang Madura United, Slamet Nurcahyo, mencoba mengirim umpan yang mengenai tangan Nazar.

Lengah dalam Pertahanan

Terlepas dari penalti itu, Djanur merasa pemain belakangnya memang lengah menjaga pertahanan. Hal itulah yang menyebabkan Madura United mencetak dua gol penyama kedudukan dalam dua menit saja.

“Itu tidak dibarengi dengan kekuatan di lini belakang. Madura United berusaha terus menyerang, meski kami dalam kondisi unggul dua gol,” ucap mantan pelatih Persebaya Surabaya dan Persib Bandung itu.

“Kami kesulitan membalas karena gol Madura United hanya berjarak beberapa menit. Kami lemah dalam konsentrasi dan itu harus diperbaiki ke depan,” imbuh Djanur.

Di sisi lain, Barito Putera sebenarnya juga mendapat penalti yang berbuah gol pertama. Bek kanan Madura United, Marckho Meraudje, tertangkap menjatuhkan kapten Barito Putera, Rizky Pora, di kotak penalti. Fransisco Torres, yang baru menjalani debut bersama Barito Putera, membuka keunggulan pada menit ke-13.