28 Perguruan Tinggi Bersaing di Putaran Nasional Piala Menpora U-21 2019

Kemenpora terus fokus dalam pengembangan sepak bola Indonesia melalui ajang turnamen berjenjang. Kali ini giliran putaran nasional untuk kelompok usia 21 tahun di ajang Piala Menpora 2019 yang dipusatkan di Yogyakarta, (17-22/9/2019).

28 perguruan tinggi yang merupakan wakil tiap provinsi, bersaing dalam turnamen bertajuk Liga Berjenjang U-21. Mereka sebelumnya sudah melewati beberapa tahap mulai babak regional kabupaten/kota hingga tingkat provinsi.

“Tim yang lolos ini merupakan pemenang di masing-masing provinsi dan akan bertemu di putaran nasional di Yogyakarta. Menpora Imam Nahrawi rencananya akan hadir pada partai puncak,” jelas Ari Mulyadi, Kabid Olahraga Pendidikan Deputi Kebudayaan Olahraga Kemenpora, di Yogyakarta, Jumat malam (13/9/2019).

Liga Berjenjang U-21 Piala Menpora kali ini memasuki tahun keempat yang digelar oleh Kemenpora sebagai bagian dari pembinaan pesepak bola potensial masa depan.

Bahkan ada satu di antara nama pemain klub profesional yang akan ikut dalam ajang ini, yakni bek muda PSM Makassar, Firza Andika. Firza tercatat sebagai mahasiswa Universitas Panca Budi, Medan.

“Firza Andika ikut di babak sebelumnya. Untuk putaran nasional tidak tampil karena sudah bergabung dengan PSM Makassar. Ajang ini juga makin menarik setelah juara bertahan Universitas Siliwangi, kandas di babak penyisihan, jadi bakal ada juara baru,” ujar Ari.

Kembali Gunakan VAR

Panpel turnamen telah menyiapkan lima venue untuk pelaksanaan di Yogyakarta, yakni Stadion Sultan Agung Bantul, Lapangan Dwi Windu Bantul, Lapangan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Stadion Kridosono, dan Stadion Pancasila Universitas Gajah Mada (UGM).

Selain itu, panpel kembali menerapkan teknologi Video Assistant Referee (VAR). Beberapa waktu lalu VAR juga digunakan Piala Menpora untuk U-14 di Kota Solo.

“Kami juga menyiarkan langsung melalui streaming setiap pertandingan agar lebih fair play dan semarak. Selain itu, panitia juga memaksimalkan tekhnologi VAR dalam pertandingan untuk menghindari hal-hal yang bisa merugikan peserta,” ungkap Ari.

Peserta Putaran Nasional Piala Menpora U-21 2019

STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung, Universitas Pattimura, Universitas Tanjung Pura, Universitas Pendidikan Indonesia Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas PGRI Adi Buana, Universitas Udayana, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, Universitas Palangkaraya, Sekolah Tinggi Olahraga Metro, Universitas Syah Kuala, Universitas Islam Riau, Politeknik Negeri Batam, Universitas Khairudin, Universitas Panca Budi, Universitas Andalas, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Nusa Cendana, Universitas Negeri Makassar, Universitas Pendidikan, Muhammadiyah Sorong, Universitas Jambi, Universitas Sriwijaya, Universitas Sulawesi Barat, Universitas Halu Oleo, Universitas Pamulang, IAKN Manado