Putaran I Beres, 10 Tim Lolos ke Putaran II Liga 3 2019 Zona Sumut

Putaran pertama Liga 3 2019 zona Sumatra Utara (Sumut) resmi berakhir. Sebanyak 26 tim yang berlaga di lima grup tahap ini sudah menuntaskan seluruh pertandingannya.

Laga penutup putaran pertama ditandai dengan laga pool D antara tuan rumah Persesi Siantar menghadapi Batak United di Lapangan Kodim Lama Simalungun, Selasa (10/9/19), sore.

Laga yang berakhir imbang 1-1 itu mengantarkan kedua tim ke fase berikutnya, yakni putaran kedua atau babak 10 besar. Dengan Persesi Siantar keluar sebagai juara grup dan Batak United sebagai runner-up.

Dengan kelolosan dua tim tersebut, kini lengkap sudah 10 tim yang akan berlaga di putaran kedua. Sebanyak delapan tim lainnya sudah terlebih dulu memastikan diri.

Klub-klub yang lolos antara lain Polres Deli Serdang FC, PSDS Deli Serdang (pool A), PS Bhinneka, PS Keluarga USU (pool B), Karo United FC, Bansar FC (pool C), Tanjung Balai United, dan Poslab Labuhanbatu (pool E).

Sekretaris Asprov PSSI Sumut, Fityan Hamdy, mengatakan bahwa 10 tim ini selanjutnya akan berlaga di putaran kedua dengan kembali digelar sistem grup. Di mana masing-masing grup berisikan lima tim.

“Nanti ada dua grup yakni pool F dan G. Untuk pembagiannya tim-tim mana yang masuk grup sudah ditetapkan jauh-jauh hari. Penetapan itu sudah kami lakukan saat technical meeting dulu,” katanya.

Lebih lanjut, Fityan Hamdy menjelaskan masing-masing tim di dua grup putaran kedua tersebut akan mengajukan diri siapa yang mau menjadi tuan rumah, sebelum menetapkan jadwal pertandingannya.

“Dalam waktu dekat kami akan rapat untuk penetapan tuan rumah. Untuk jadwal nanti secepatnya akan digelar setelah sudah dapat tuan rumah dari masing-masing grup (putaran kedua) Liga 3 2019 zona Sumut,” ucapnya.

“Nantinya dua tim teratas di masing-masing grup (putaran kedua/babak 10 besar) ini berhak melaju ke semifinal,” pungkas Fityan Hamdy.