Lupakan Piala Dunia, Timnas Indonesia Harus Fokus Lolos ke Piala Asia

Mimpi Timnas Indonesia untuk bisa melaju ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 sirna sudah, usai menelan kekalahan di dua laga awal grup G.

Timnas kalah 2-3 dari Malaysia dan dicukur habis Thailand dengan skor 3-0 pada Selasa (10/9) malam. Walau di dua laga awal Timnas bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Skuat Garuda pun harus berada di dasar klasemen tanpa raihan poin.

Meski tersisa enam laga lagi, Timnas butuh keajaiban untuk bisa menjuarai grup dan lolos ke babak selanjutnya.

Tim asuhan Simon McMenemy sekarang harus bisa fokus untuk memetik poin demi lolos ke Piala Asia 2023 yang akan diadakan di Tiongkok. Indonesia memiliki dua pertandingan kandang yakni melawan Vietnam dan Uni Emirat Arab. Sementara empat laga tandang akan mereka lakoni.

Terdapat 40 negara yang tersebar ke delapan grup yang berisikan lima negara. Juara setiap grup akan dipastikan lolos ke babak ketiga. Sementara untuk runner-up grup atau peringkat kedua grup hanya daimbil empat terbaik saja.

Akan tetapi jika Qatar, sang tuan rumah Piala Dunia 2022, berhasil menjadi juara grup atau runner-up grup terbaik pada babak dua ini, maka akan ada lima tim dari posisi runner-up yang berhak melenggang ke babak ketiga.

Tuan rumah Piala Dunia biasanya tidak mengikuti babak kualifikasi. Namun berbeda pada edisi kali ini, dimana Qatar harus mengikuti babak kualifikasi karena babak kualifikasi Piala Dunia 2022 kali ini bersamaan dengan babak kualifikasi Piala Asia 2023.

Juara grup dan empat terbaik runner-up masing-masing grup, selain melenggang ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022, juga akan otomatis lolos ke fase grup Piala Asia 2023 yang digelar di Tiongkok.

Sementara itu untuk empat runner-up grup di luar empat terbaik, bersama negara-negara yang menempati peringkat ketiga pada masing-masing grup babak dua kualifikasi akan mendapatkan tempat di babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023. Babak ketiga ini menjadi pintu terakhir sebelum babak grup Piala Asia 2023.

Indonesia harus mengincar posisi ketiga klasemen untuk bisa menjaga asa mereka lolos ke piala Asia 2023.

Berikut sisa jadwal pertandingan Indonesia di Grup G:

10 Oktober 2019: Uni Emirat Arab vs Indonesia

15 Oktober 2019: Indonesia vs Vietnam

19 November 2019: Malaysia vs Indonesia

26 Maret 2020: Thailand vs Indonesia

31 Maret 2020: Indonesia vs Uni Emirat Arab

4 Juni 2020: Vietnam vs Indonesia