Fakhri Husaini Sebut Pemain Timnas Indonesia U-19 Mulai Berani

Meski menilai organisasi pertahanan masih belum memuaskan, pelatih timnas Indonesia U-19 Fakhri Husaini merasa senang dengan keberanian anak asuhnya berduel dengan pemain Iran, sehingga mereka memetik kemenangan 1-0 di Stadion Mandala Krida, Rabu (11/9) sore WIB.

Fakhri mengatakan, walaupun kalah dari sisi postur, pemain memiliki nyali untuk berduel. Hal itu berbeda dibandingkan pada pertemuan pertama di Jakarta. Menurut Fakhri, kemenangan ini angat penting untuk menyambut kualifikasi Piala Asia U-19 pada bulan depan.

“Iran memiliki pertahanan kuat, dan unggul postur. Di ruang ganti saya sampaikan, pemain boleh kalah postur, tapi jangan sampai kalah nyali. Itu ditunjukkan dengan bermain maksimal, dan berjuang sekuat tenaga tanpa ada rasa takut,” terang Fakhri.

“Ini cerminan ketika mengenakan kostum Timnas berarti siap membela bangsa dan negara. Semuanya bisa mengambil pelajaran penting. Saya melihat Iran bisa mudah masuk ke pertahanan dengan bola direct. Kami bisa menang di second ball, dan untuk mengantisipasi.”

Fakhri menambahkan, pemain akan dikembalikan ke klub selepas laga ini. Mereka kembali berkumpul pada 25 September sebagai persiapan menghadapi kualifikasi Piala Asia. Fakhri akan berusaha memperbaiki kelemahan dalam bertahan.

“Buat apa kami mencetak lima gol kalau jelek dalam bertahan, dan kebobolan enam sampai tujuh gol? Bertahan bukan hanya di lini belakang dan penjaga gawang. Kami akan memperbaikinya secara kolektif,” ucap Fakhri.

Sementara pencetak gol tunggal Sutan Zico menyatakan, kemenangan atas Iran diraih dengan tidak mudah. Menurutnya, tim lawan kuat dalam duel udara, namun instruksi pelatih untuk berani memainkan bola pendek dan cepat berjalan dengan baik.

“Saya berterima kasih kepada pelatih dan semua pemain atas kerja kerasnya. Sangat bersyukur mencetak gol kemenangan untuk tim. Kami mengucapkan terima kasih untuk suporter yang mendukung tim di stadion,” ucap Zico. (gk-18)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*