Yoo Hyun-koo Ingin Pensiun di Semen Padang Sebagai WNI

Untuk kali kedua sepanjang karier bermain Yoo Hyun-koo di kompetisi Indonesia, pemain asal Korea Selatan itu kembali ke Semen Padang. Yoo pernah gabung tim Kabau Sirah di awal kiprahnya di Indonesia, tepatnya pada 2010.

Selama enam tahun Yoo jadi bagian penting Semen Padang, hingga ia meninggalkan klub kebanggaan urang awak itu pada 2016 untuk memperkuat Sriwijaya FC.

Setelah itu ia tercatat membela Kalteng Putra di paruh pertama Shopee Liga 1 2019, sebelum akhirnya kembali ke klub yang membesarkan namanya di pentas sepak bola Indonesia; Semen Padang.

Di usianya yang sudah 36 tahun, Yoo mulai menata masa depannya.

“Saya sudah lama di Indonesia, hampir 10 tahun beruntun. Lima tahun saya habiskan di sini bersama Semen Padang. Saya ingin proses naturalisasi saya segera tuntas. Manajemen klub juga berkenan membantu. Keluarga juga ingin tinggal di Indonesia, semua persyaratan juga sudah siap. Saya dan keluarga bahkan sudah hapal lagu Indonesia Raya,” tuturnya seperti dilansir dari situs resmi Semen Padang.

“Saya ingin mendapatkan kewarganegaraan Indonesia, saya juga berharap bisa pensiun bersama Semen Padang. Semoga semuanya bisa terwujud,” ujar mantan pemain Pohang Steelers dan Gwangju Sangmu tersebut.

Belum Akan Pensiun

Di sisi lain, umur 36 tahun tak jadi penghalang buat Yoo. Ia merasa masih sanggup bermain untuk beberapa tahun lagi.

“Saya siap memberikan kemampuan terbaik di lapangan. Saya juga tak masalah bersaing dengan pemain lain. Jika diberi kepercayaan, saya pasti akan selalu total. Saya belum memikirkan gantung sepatu,” ucap Yoo, yang yakin Semen Padang bisa keluar dari zona degradasi,” tuturnya.

“Kami sudah punya tekad sama untuk meninggalkan zona degradasi. Pemain-pemain di sini memiliki kualitas bagus. Kami semua yakin tim ini akan makin solid dan siap menatap putaran kedua,” tegas Yoo.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*