Prediksi PSM Vs PSIS: Juku Eja Waspadai Kebangkitan Sang Tamu

Tampil di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, PSM Makassar jadi tim menakutkan musim ini. Dari tujuh partai kandang, mereka selalu membuat tamu bertekuk lutut. Fakta inilah yang membuat Juku Eja dijagokan menang saat menjamu PSIS Semarang pada laga tunda pekan ke-11 Shopee Liga 1, Rabu (11/9/2019).

Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic pun sudah menyiapkan strategi untuk mengamankan tiga poin di markas sendiri.

“Saya sudah melihat sejumlah rekaman pertandingan PSIS. Kalau tampil normal dan pemain menjalankan intruksi dengan baik, saya yakin PSM mengalahkan PSIS,” kata Darije.

Meski optimitis, Darije merasa perlu mengingatkan skuatnya agar tak memandang remeh sang tamu. Bagi mantan pelatih Roda JC Kerkrade ini, PSIS punya potensi membuat kejutan. Darije merujuk sukses PSIS menahan imbang 1-1 tuan rumah Arema FC pada 31 Agustus 2019.

“Kami harus fokus untuk tampil ofensif seperti laga sebelumnya di kandang sendiri. Kami juga wajib lebih efektif memanfaatkan peluang,” tegas Darije.
Itulah mengapa, dua sesi latihan terakhir, Darije fokus mengasah ketajaman Amido Balde, terutama dalam memanfaatkan umpan silang dari dua sisi sayap yang ditempati Zulham Zamrun dan M. Rahmat.

Sementara di lini tengah, Darije akan memaksimalkan peran Raphael Maitimo dan M. Arfan sebagai penyeimbang sekaligus pelayan sang kapten, Wiljan Pluim, yang menjadi ‘orang bebas’ di lapangan.

Sementara di lain pihak, PSM Makassar wajib meredam kecepatan penyerang cepat PSIS seperti Hari Nur Yulianto. Apalagi, kalau rekrutan anyar sang tamu, Jonathan Cantillana, melewati tes fisik dan dimainkan oleh pelatih Bambang Nurdiansyah

Tamu Andalkan Permainan Kolektif

PSIS datang ke Makassar dengan target mencuri minimal satu poin. Berkaca pada penampilan mereka saat menahan imbang 1-1 tuan rumah Arema FC, PSIS jelas punya potensi membuat kejutan.

Pelatih PSIS, Bambang Nurdiansyah mengungkapkan skuatnya akan mengandalkan permainan kolektif untuk meredam agresivitas PSM Makassar.

“Tidak ada penjagaan khusus buat pemain tertentu. Saya pikir percuma saja, karena PSM punya materi yang merata,” kata Bambang.

Menghadapi PSM, Bambang mengaku menunggu laporan dari pelatih fisik terkait kebugaran rekrutan anyar mereka, Jonathan Cantillana yang baru bergabung dengan tim pada Minggu (8/9/2019).

“Kita lihat saja perkembangannya. Kalau fisiknya oke, saya akan memainkan Jonathan,” terang Bambang.

Bambang juga meminta pemainnya lebih fokus. Terutama mengantisipasi situasi bola mati.

“PSM punya pemain berpostur tinggi seperti Amido Balde, Wiljan Pluim, Abdul Rahman, Raphael Maitimo dan Aaron Evans. Mereka ini bisa jadi pembeda saat mendapatkan umpan dari bola mati,” kata Bambang.

Bagi Bambang, kehadiran rekrutan anyar PSM seperti Balde, Maitimo dan Ezra Walian membuat kekuatan Juku Eja lebih komplit.

“Fakta ini membuat kami harus kerja keras untuk mengimbangi mereka. Ibaratnya, PSIS ketiban sial karena menjalani laga tunda menghadapi tim yang lebih komplit,” terang Bambang.
Meski memuji PSM, Bambang tetap percaya PSIS membuat kejutan. “Dalam sepak bola apa pun bisa terjadi. Semoga kami bisa menjadi tim pertama yang meraih poin di Makassar musim ini,” tegas Bambang.

Data dan Fakta PSM Vs PSIS

Lima Pertemuan terakhir PSM vs PSIS

16/03/19 : PSIS Semarang 1-0 PSM Makassar
30/07/18 : PSIS Semarang 1-1 PSM Makassar
25/03/18 : PSM Makassar 2-0 PSIS Semarang
01/03/09 : PSM Makassar 1-0 PSIS Semarang
12/10/08 : PSIS Semarang 1-0 PSM Makassar
Lima Laga Terakhir PSM

01/09/19 : PSM Makassar 2-1 Persela Lamongan
28/08/10 : Persija Jakarta 0-0 PSM Makassar
23/08/19 : PSS Sleman 3-2 PSM Makassar
18/08/19 : PSM Makassar 3-1 Persib Bandung
14/08/19 : PSM Makassar 2-1 Barito Putera
Lima Laga Terakhir PSIS

31/08/19 : Arema FC 1-1 PSIS Semarang
24/08/19 : Madura United 3-0 PSIS Semarang
20/08/19 : Bhayangkara FC 0-0 PSIS Semarang
16/08/19 : Semen Padang FC 1-0 PSIS Semarang
06/08/19 : PSIS Semarang 1-3 Persipura Jayapura

Prakiraan Susunan Pemain

PSM Makassar (4-3-3): Rivki Mokodompit (kiper); Hasim Kipuw, Abdul Rahman, Aaron Evans, Beny Wahyudi (belakang); Raphael Maitimo, M. Arfan, Wiljan Pluim (tengah); Zulham Zamrun, Amido Balde, M. Rahmat (depan)

Pelatih: Darije Kalezic
PSIS Semarang (4-3-3): Jandia Eka (kiper); Riyan Ardiansyah, Ganjar Mukti Muhardiyana, Wallace Costa, Safrudin Tahar (belakang); Heru Setyawan, Finky Pasamba, Septian David Maulana (tengah); Jonathan Cantillana, Hari nur Yulianto, Claudir Marini (depan)

Pelatih: Bambang Nurdiansyah

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*