Timnas Indonesia U-23 Raih Juara Trofeo Hamengkubuwono Cup 2019

Timnas Indonesia U-22 keluar sebagai pemenang Trofeo Hamengkubuwono X Cup 2019 setelah mengungguli PSIM dan Bali United di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Minggu (8/9/2019).

Pada laga yang disiarkan Indosiar, Timnas Indonesia U-22 sukses mengalahkan dua lawan yang dihadapi. Mereka menaklukkan Bali United 1-0 sebelum kemudian membungkam PSIM 4-1.

Tuan rumah PSIM menempati posisi dua setelah membekuk Bali United 4-3 (0-0) melalui adu penalti. Sementara pimpinan sementara Shopee Liga 1 2019 Bali United terdampar di dasar tabel.

Trofeo Hamengkubuwono X Cup 2019 merupakan satu di antara persiapan Timnas Indonesia U-22 sebelum mengikuti SEA Games 2019 di Filipina. Setelah ini anak asuh Indra Sjafri berencana mengikuti turnamen mini di Tiongkok.

“Turnamen mini di melawan Yordania, Uni Emirat Arab, dan tuan rumah,” kata pelatih timnas Indra Sjafri.

Turnamen yang diikuti Timnas Indonesia U-22 akan digelar pada 7-15 Oktober.

Jalan Pertandingan

PSIM dan Bali United bertemu di 45 menit pertama. Upaya kedua tim melalui serangan balik dan tendangan jarak jauh tidak membuahkan skor. Termasuk tandukan penyerang Bali United Aldino Herdianto yang dianulir karena terlebih dahulu dalam posisi offside.

Pertandingan pun dilanjutkan melalui adu penalti. Bali United akhirnya tumbang 3-4 karena kegagalan Dallen Ramdhan dan Gunawan Dwi Cahyo menjalankan tugas sebagai algojo.

Bali United kemudian Timnas Indonesia U-22 pada 45 menit kedua. Tim Garuda Muda memimpin melalui Sani Rizki yang memanfaatkan umpan Osvaldo Haay pada menit ke-18.

Saling jual beli serangan, laga berlangsung panas dengan kedua tim kehilangan satu pemain karena diusir wasit. Gelandang timnas Asnawi Mangkualam menerima kartu merah. Sementara penggawa Bali United Fahmi Al Ayyubi menerima kartu kuning kedua.

Timnas Indonesia U-22 kemudian bersua PSIM memperebutkan gelar juara. Setelah Witan Sulaeman gagal memanfaatkan peluang, timnas memimpin melalui tendangan bebas Bagas Adi di menit ke-21.

M Rafli lalu menjadi bintang timnas dengan mencetak hattrick di menit ke-26, 36, dan 45+2. Sedangkan PSIM mendapat gol hiburan melalui penalti Aditya Dewa.