PSSI Pastikan KLB Tetap Digelar 2 November 2019

PSSI mengindahkan rekomendasi pelaksanaan kongres pemilihan ketua umum yang diberikan FIFA. Induk sepakbola nasional tersebut tetap pada pendiriannya menggelar agenda tersebut di awal November 2019.

Padahal, sebelumnya FIFA sudah mengirimkan surat agar kongres tersebut dilaksanakan pada 20 Januari 2020. Namun, PSSI bergeming dan memutuskan agenda ini dilangsungkan sesuai dengan hasil Kongres Luar Biasa (KLB), beberapa waktu lalu.

“Fixed 2 November. Pada 17 Agustus, Exco [Komite Eksekutif], rapat. Berdasarkan road-map, FIFA tetap minta tanggal 20 Januari [2020], tapi Exco memutuskan tetap tanggal 2 November. Surat sudah diberikan ke FIFA,” kata anggota Exco PSSI, Gusti Randa, di Hotel Sultan, Kamis (5/9).

“Saya rasa hari ini akan ada preskon dari kesekjenan, komite pemilihan, dan komite banding untuk pendaftaran dimulai kapan. Mereka akan rapat juga malam ini,” tambah mantan aktor tersebut.

Lebih lanjut Gusti, menyampaikan kemungkinan batas pendaftaran calon ketua umum bakal ditutup satu bulan sebelum kongres digelar. Hal ini sesuai dengan ketentuan yang sudah berlaku.

“Kalau kongres 2 November, kita tarik satu bulan, berarti 2 Oktober sudah selesai tahapan notifikasi dan verifikasi,” ucapnya.

Saat ini sudah ada sejumlah nama yang bakal mencalonkan diri jadi ketua umum PSSI yang baru. Satu di antaranya Komjen Pol. Mochamad Iriawan yang kabarnya telah dapat dukungan dari para pemilik suara. Selain itu, ada nama Rahim Soekasah.