Hasil Liga 2, Jumat 6 September 2019: 2 Klub Kaltim Melonjak, 2 Tim Sumatra Tertahan

Pertandingan Liga 2 2019 yang digelar serentak, Jumat (6/9/2019), berlangsung seru. Dua klub asal Kalimantan Timur, Mitra Kukar dan Persiba Balikpapan, berhasil merangsek ke papan atas Grup Timur. Padahal, di awal musim, keduanya tertatih-tatih.

Mitra Kukar menempel Persik sebagai runner-up, setelah menjinakkan perlawanan Persewar Waropen 1-0 di Stadion Aji Imbut, Tenggarong. Tim Naga Mekes memiliki poin sama dengan Persik, yakni 23.

Namun, takhta klasemen sementara Grup Timur Liga 2 2019 jadi milik Persik Kediri Karena secara head to head, Persik lebih unggul. Tim Macan Putih juga memiliki jumlah pertandingan lebih sedikit dan agregat gol lebih baik dibandingkan Mitra Kukar.

Persiba Balikpapan, yang sempat menghuni papan bawah, berhasil menjegal langkah Sulut United 1-0 pada duel di Stadion Batakan, Balikpapan.

Situasi Internal tim Beruang Madu sempat goyah dengan pergantian pelatih dari Salahudin ke Satya Bagja. Kemenangan atas Persewar ini menempatkan Persiba di urutan kelima dengan poin 18.

Persatu Tuban juga mulai bangkit dari keterpurukan. Di luar dugaan, Laskar Ronggolawe menundukkan Martapura FC dengan skor ketat 3-2 di Stadion Bumi Wali, Tuban.

Meski kemenangan ini belum mampu mengentaskan Persatu dari posisi juru kunci Grup Timur Liga 2 2019, setidaknya Danu Rosade dkk. menipiskan selisih poin dengan Persewar.

Hasil Grup Barat

Dari Grup Barat Liga 2 2019, dua tim asal Sumatra, Persiraja Banda Aceh dan PSMS Medan, tertahan untuk mengejar Sriwijaya FC yang kukuh di puncak klasemen sementara.

Persiraja ditekuk Cilegon United 0-2 dan PSMS dijegal Perserang 1-2.

Kemenangan anak asuh Jaya Hartono itu mendongkrak Perserang untuk bertengger di urutan ketiga di bawah Sriwijaya FC dan Persiraja.

Sementara Cilegon United selain melangkahi PSMS juga mampu menyamakan poin mereka bersama Persita Tangerang dan PSCS Cilacap, yang mengoleksi 25 poin.