Arema Jalani Latihan Berat tapi Santai di Pantai Balekambang

Arema sudah menjalani satu di antara program terpenting di jeda kompetisi, yakni latihan fisik di Pantai Balekambang, Kabupaten Malang, Sabtu pagi (7/9/2019).

Skuat Arema harus bangun lebih pagi untuk persiapan karena perjalanan menuju pantai tersebut dari Kota Malang memakan waktu kurang lebih dua jam. Hamka Hamzah dkk. berangkat jam 06.00 dari mes pemain.

Meski harus latihan berat dan berangkat pagi hari, pemain Arema terlihat bersemangat karena latihan ini dianggap sekaligus sebagai refreshing. Tim berjulukan Singo Edan ini terakhir melakoni latihan di pantai yang sama, pada 2015.

Setelah itu latihan fisik digelar di Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan. Setahun berikutnya, Arema pernah latihan di pantai lagi. Tetapi, waktu itu bukan di Malang melainkan di Pantai Kuta, Bali, sambil mengikuti turnamen pramusim.

“Tidak masalah kami harus bangun lebih awal untuk berangkat latihan. Dan hari ini bagus, kami mengawali latihan dengan banyak senyuman. Suasana menyenangkan. Setelah ini kami kami siap untuk menghadapi pertandingan penting,” kata Takafumi Akahoshi, gelandang Arema asal Jepang.

Materi Latihan

Di awal latihan, pemain berlari di bibir pantai kurang lebih 1,5 kilometer. Setelah itu dilanjutkan dengan sprint dan lari di medan pasir yang menanjak.

“Inti program latihannya hampir sama dengan latihan di Kebun Raya Purwodadi. Hanya saja di sini agak berat karena berlari di atas pasir. Tapi, hasilnya akan lebih baik. Fisik pemain diprediksi meningkat dan siap melawan Borneo FC di awal putaran kedua (13/9/2019),” kata Kuncoro, asisten pelatih Arema.

Pemain tak langsung pulang setelah latihan. Mereka lebih dulu refreshing. Beberapa pemain memilih untuk berenang di pantai. Sore hari mereka baru kembali ke Malang.

Setelah latihan ini, Hamka Hamzah dkk dapat libur sehari. Pada Senin (9/9/2019), Arema fokus menata skema untuk pertandingan melawan Borneo FC.