Menpora Malaysia Jamin Keamanan Suporter Indonesia November Nanti

Menpora Malaysia Syed Saddiq memastikan bahwa pihaknya akan menjamin keamanan suporter Indonesia pada laga tandang melawan Malaysia.
Syed menyambut positif permohonan maaf yang disampaikan langsung Menpora Imam Nahrawi. Keduanya melakukan pertemuan di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, Jumat (6/9).

“Kami menjamin keamanan untuk laga tandang Indonesia, November nanti. Kami tidak ingin kejadian ini terulang,” ucap Syed dalam sesi jumpa pers.

“Kita bangsa serumpun. Kami duduk bersama untuk menyelesaikan masalah dan sepakat menolak budaya anarkistis. Namun, pelaku insiden ini tetap harus ditindak tegas,” tutur Menteri berusia 26 tahun itu.

“Saya lebih ke perwakilan pemerintah ke pemerintah. Soal teknis pelaporan, itu adalah ranah FAM [Federasi Sepakbola Malaysia],” tambahnya.

Sebelumnya, insiden antarsuporter terjadi saat timnas Indonesia dikalahkan Malaysia 2-3 pada ajang Pra-Piala Dunia 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis malam kemarin.

Laga tersebut sempat terhenti beberapa menit lantaran ulah oknum suporter Indonesia yang menyerang tribune suporter Malaysia menggunakan botol air mineral dan bom asap.

Adapun pada 2017, Syed pernah meminta maaf kepada Indonesia via Menpora Imam Nahrawi setelah insiden bendera Indonesia terbalik pada buku panduan Sea Games Malaysia.