Menpora Malaysia Anggap Aksi Fans Indonesia Seperti Gangster

Menteri pemuda dan olahraga (Menpora) Malaysia Syed Saddiq Syed Abdul Rahman menilai aksi suporter Indonesia seperti perbuatan gangster, serta berencana membuat komplain resmi kepada pemerintah Indonesia dan rekan sejawatnya, Imam Nahrawi.

Duel antara Indonesia dan Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Kamis (5/9) malam WIB, awalnya berjalan lancar, namun harus terhenti pada menit ke-72. Penyebabnya, ada suporter merah putih masuk ke lapangan, karena ingin melancarkan serangan kepada pendukung Malaysia.

Petugas keamanan sigap mengamankan okunum tersebut. Tapi, dari tribune atas ada suporter Indonesia lainnya melemparkan bom asap ke tribune pendukung Malaysia. Akibatnya, salah satu suporter tamu pingsan dan langsung dibawa petugas medis.

Federasi sepakbola Malaysia (FAM) berencana membuat laporan resmi kepad FIFA terkait ulah suporter Indonesia. Sedangkan Syed Saddiq menyampaikan komplain resmi kepada pemerintah Indonesia.

“Saya waktu itu bersama suporter Harimau Malaya menyaksikan kualifikasi Piala Dunia di Stadium Gelora Bung Karno. Benda-benda seperti besi, botol dan flare dilempar ke arah kami beberapa kali,” ujar Syed Saddiq diwartakan kantor berita Bernama.

“Ada juga beberapa suporter Indonesia mencoba menembus area fans Malaysia, dan pertandingan terpaksa dihentikan seketika. Gangsterisme dilarang dalam bentuk apapun. Keselamatan pemain dan suporter Malaysia menjadi perhatian utama saya.”

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*