Madura United Tak Datangkan Pemain Baru, Ante Bakmaz Jadi Rekrutan Terakhir

Madura United tidak berpikir untuk mendatangkan pemain lagi di bursa transfer pertengahan musim Shopee Liga 1 2019. Laskar Sape Kerrab hanya terlibat empat aktivitas transfer, dua pemain keluar dan dua pemain masuk.

Dua pemain yang hengkang adalah Fachruddin Aryanto dan Zah Rahan. Fachruddin hijrah ke Persija Jakarta, sementara Zah Rahan dicoret setelah mengalami cedera yang memaksanya absen hingga akhir musim.

Madura United merekrut dua pemain asing, yaitu Diego Assis (Brasil) dan Ante Bakmaz (Australia). Bakmaz resmi menandatagani kontrak pada Sabtu (31/8/2019). Setelah itu, tidak akan ada lagi pemain yang datang.

“Kami pastikan tidak ada pemain baru. Kami pastikan juga skuat yang ada sekarang dipertahankan. Diego Assis dan Ante Bakmaz, menjadi closing transfer kami,” kata Haruna Soemitro, manajer Madura United.

Dengan begitu, Madura United saat ini tercatat memiliki 25 pemain. Komposisi pemain asing juga telah lengkap dengan diisi oleh empat nama, sesuai batasan maksimal regulasi.

Madura United Spekulatif

Pada putaran pertama, klub asal Pulau Garam itu hanya mengandalkan dua pemain asing saja, Aleksandar Rakic dan Jaimerson Xavier. Zah Rahan tak sempat tampil di Liga 1 2019. Slot Zah Rahan itu kini dihuni Diego Assis.

Madura United juga tidak memiliki pemain Asia setelah melepas gelandang asal Australia, Dane Milovanovic. Slot kosong itu kini ditempati Ante Bakmaz, yang merupakan rekan satu negara Milovanovic.

Madura United dipastikan tidak akan mengganti Rakic atau Jaimerson dengan pemain baru. Termasuk juga pemain lokal yang akan dipertahankan seperti Zulfiandi, Fandry Imbiri, Andik Vermansah, Greg Nwokolo, Alberto Goncalves, dll.

“Keputusan mempertahankan skuat dan mendatangkan pemain baru itu sama-sama memiliki spekulasi. Kenapa kami tidak benahi yang ada sekarang? Memang sama-sama spekulatif, tapi mereka sudah beradaptasi,” ucap Haruna.

“Kalau mendatangkan pemain baru akan perlu adaptasi yang baru juga, itu akan membuang waktu. Kami pastikan semua pemain yang ada, kami pertahankan, baik asing maupun lokal,” imbuhnya.

Fokus Benahi Kekurangan

Pelatin interim Madura United, Rasiman, berpendapat sama. Dia menilai skuat Madura United sudah sesuai kebutuhan tim. Dia hanya perlu memperbaiki sisi teknis permainan tim asuhannya.

“Kalau mendatangkan pemain baru, kami perlu team building lagi. Itu memerlukan proses yang tidak mudah. Kami sekarang fokus membenahi beberapa kekurangan saja,” ujar pelatih asal Banjarnegara tersebut.

Madura United saat ini masih berada di peringkat ketiga dengan 30 poin dari 17 pertandingan. Upaya ini mereka tempuh agar bisa menyalip Bali United di puncak klasemen (40 poin) untuk merebut gelar juara Liga 1 2019.