Indonesia Satu-Satunya Negara Asia Calon Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

Indonesia, dalam hal ini adalah Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), resmi menjadi calon tunggal dari benua Asia yang mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

FIFA mengonfirmasi telah menerima pencalonan dari PSSI dan juga dari dua federasi sepakbola negara lain, yakni Brasil dan Peru.

“FIFA akan mengevaluasi dan menilai ketiga pencalonan ini. Keputusan akhir terkait tuan rumah diperkirakan akan diumumkan dalam pertemuan FIFA Council berikutnya di Shanghai, Tiongkok pada 23 dan 24 Oktober mendatang,” demikian pernyataan resmi dari FIFA, Rabu (4/9).

Sebelumnya, sejumlah negara Asia lain sempat berniat mencalonkan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Thailand dan Myanmar, misalnya, memilih mundur. Bahrain, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab juga dikabarkan ingin menjadi tuan rumah bersama. Pada akhirnya Indonesia menjadi satu-satunya negara Asia yang mengajukan proposal resmi kepada FIFA.

PSSI sendiri sudah mendapat lampu hijau dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk menyelenggarakan ajang dua tahunan ini. Sebanyak sepuluh stadion juga sudah disiapkan oleh PSSI dalam pencalonan ini, yakni Gelora Bung Karno (Jakarta), Pakansari (Bogor), Manahan (Solo), I Wayan Dipta (Bali), Mandala Krida (Yogyakarta), Jakabaring (Palembang), Wibawa Mukti (Cikarang), Patriot Candrabhaga (Bekasi), Jalak Harupat (Bandung), dan Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Secara historis, Piala Dunia U-20 merupakan kompetisi FIFA tertua kedua di dunia setelah Piala Dunia. Sebelumnya, ajang ini bernama Kejuaraan Dunia Remaja FIFA (1977-2005) sebelum berganti nama menjadi Piala Dunia U-20 sejak 2007 hingga sekarang.

Piala Dunia U-20 juga dipandang sebagai turnamen sepakbola junior paling bergengsi karena mampu melahirkan sejumlah bintang dunia. Pada edisi terakhir yang digelar di Polandia pada Mei-Juni 2019 lalu, Ukraina menjadi pemenang setelah mengalahkan Korea Selatan di final.