Menkumham dan DPR Bantu Otavio Dutra untuk Selesaikan Proses Naturalisasi

Proses naturalisasi bek Persebaya Surabaya, Otavio Dutra memasuki babak akhir, setelah adanya bantuan rekomendasi dari Komisi III DPR RI, Senin (2/9) kemarin.

Sebelumnya nama Dutra sudah dipulangkan dari skuat Timnas Indonesia, jelang dua laga babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia melawan Malaysia dan Thailand.

Saat ini pemain Brasil tersebut hanya tinggal menunggu persetujuan Presiden RI, Joko Widodo untuk menjadi warga Negara Indonesia.

“Harapan saya bapak Presiden bisa tanda tangan dan saya bisa bikin paspor,” ujar Dutra, dikutip dari laman Emosi Jiwaku.

Dalam status instagramnya, Persebaya mengucapkan terima kasih kepada Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, dan Aziz Syamsudin dari Komisi III.

“Persebaya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly beserta jajaran, dan Bapak Aziz Syamsuddin dari Komisi III DPR RI beserta jajaran, yang telah membantu lanjutan proses naturalisasi Otavio Dutra,” tulis Persebaya.

Mantan pemain Bhayangkara FC ini masih berharap bisa berseragam Timnas untuk menghadapi Thailand pada 10 September mendatang.

“Semoga bisa cepat selesai dan saya bisa main lawan Thailand,” harap bek 34 tahun tersebut.

Status Dutra sendiri membuat Persebaya kesulitan untuk menentukan para pemain di slot legiun asing mereka di paruh kedua musim ini. Sejauh ini Bajul Ijo memiliki lima pemain asing, yakni Otavio Dutra, David da Silva, Aryn Williams, Damian Lizio, dan Manuchekhr Dzhalilov.