Dokumen yang Masih Mengganjal Proses Naturalisasi Otavio Dutra

Proses naturalisasi pemain Persebaya Surabaya, Otavio Dutra, dipastikan tinggal terganjal oleh satu buah dokumen saja.

Kepastian itu disampaikan oleh Sekretaris Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Gatot S. Dewa Broto. Ia coba menjelaskan soal perkembangan terkini proses naturalisasi Otavio Dutra.

Menurut Gatot, proses naturalisasi Dutra sudah lolos dari tahap verifikasi Komisi III DPR dan juga pihak Kementrian terkait. Gatot sendiri juga sudah memantau langsung perkembangannya ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemkumham).

“Alhamdulillah, Dutra sudah aman di Komisi III, Pak Menteri. Pas saya ke sana sudah selesai. Tadi sempat ketemu dgn Pak Dirjen AHU Kemkumham yg mendampingi Pak Menkumham,” ujar Gatot kepada awak media.

Lebih lanjut, Gatot menjelaskan kalau proses naturalisasi Dutra sudah mendekati kata rampung. Dutra kini hanya perlu menyelesaikan satu dokumen lagi untuk resmi menjadi seorang Warga Negara Indonesia.

“Ini tinggal surat ke Pak Presiden,” ungkap Gatot.

Proses naturalisasi Dutra belakangan memang menjadi sorotan. Dutra yang sempat dipanggil Timnas Indonesia, tiba-tiba dicoret akibat proses naturalisasinya belum rampung.

Situasi ini lantas menimbulkan kemarahan dari pihak Persebaya Surabaya, selaku klub yang kini dibela Dutra. Persebaya Surabaya telah berkomunikasi dengan PSSI kalau Dutra belum rampung naturalisasinya, tapi pemanggilan Timnas Indonesia tetap dipaksakan.

“Persebaya sangat menyesalkan soal ini. Padahal dari awal, saat Dutra dipanggil ke timnas, sudah kita sampaikan bahwa proses naturalisasi belum selesai,” ucap Sekretaris Persebaya, Ram Surahman.

“Entah mengapa Federasi tetap ngotot memanggil. Alhasil, kami tak bisa memakai tenaga Dutra saat lawan Persija,” keluh Ram.

Patut ditunggu perkembangan selanjutnya soal naturalisasi Dutra ini. Bisa segera rampung dan bela Timnas Indonesia di ajang internasional?