Maju Jadi Calon Ketua Umum PSSI, Ini Target Iwan Bule untuk Timnas Indonesia

Peningkatan prestasi sepak bola Indonesia di level internasional menjadi salah satu prioritas Komjen Pol. Mochammad Iriawan apabila terpilih menjadi ketua umum PSSI periode 2020-2024.

Menurut pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut, sudah saatnya Timnas Indonesia meraih prestasi di kancah internasional. Target terdekat yang ia incar adalah juara di level Asia Tenggara.

“Kalau untuk juara ASEAN masih ada kans. Untuk satu atau dua tahun, kita harus rebut (juara) ASEAN. Kemudian kita baru menuju tingkat Asia, Olimpiade, atau Piala Dunia,” tutur Iwan Bule saat ditanya mengenai targetnya jika terpilih menjadi ketua umum PSSI.

Pria kelahiran Jakarta itu menambahkan, memperbaiki sepak bola Indonesia harus diawali dengan perencanaan yang tepat. Oleh sebab itu, ia akan menyusun road map untuk meningkatkan prestasi Timnas Indonesia.

“Saya punya road map dan harus disepakati oleh siapapun juga. Supaya sepak bola Indonesia bisa mendunia,” tegas Iwan Bule.

Nama Iwan Bule sendiri digadang-gadang maju sebagai calon ketua umum PSSI periode 2020-2024 mendatang. Pada Kongres Luar Biasa di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, pada 27 Juni 2019 lalu, PSSI telah meminta pemilihan ketua umum dan Exco baru PSSI digelar pada 2 November 2019.

Kendati demikian, wacana PSSI untuk memilih ketua umum pada awal November dikabarkan mendapat penolakan dari FIFA. Induk sepak bola dunia itu meminta agar PSSI melakukan pemilihan ketua umum baru sesuai dengan agenda awal, yakni pada Januari 2020.

Saat ini, PSSI dipimpin oleh Iwan Budianto yang menjabat sebagai pelaksana tugas ketua umum. Plt Ketua umum sebelumnya, Joko Driyono, kini berstatus tersangka atas kasus perusakan alat bukti kasus pengaturan skor sepak bola. Joko pun sudah divonis penjara 1 tahun 6 bulan dan kini mengajukan banding.