Langsa dan Gayo Lues Tuan Rumah, Babak 12 Besar Liga 3 PSSI Aceh

Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Aceh menetapkan Kota Langsa dan Gayo Lues sebagai tuan rumah babak 12 besar Liga 3 tahun 2019. Guliran putaran kedua akan dimulai Senin (2/9) mendatang.

“Dari 12 konsestan, hanya tiga klub secara resmi mengajukan diri sebagai tuan rumah yakni PSBL Langsa, Persidi Idi, dan PSGL. Sementara PSAB Aceh Besar menyatakan bersedia secara lisan,” ungkap Ketua Umum PSSI Aceh, Nazir Adam SE MM kepada wartawan petang kemarin.

Ia menjelaskan, sejak babak penyisihan bergulir di empat lokasi, banyak klub menawarkan diri menjadi penyelenggara. Sesuai dengan regulasi, maka klub yang berminat berkewajiban menyerahkan surat resmi ke Asprov PSSI Aceh. Ternyata, hingga tuntasnya penyisihan dan play-off, hanya Persidi, PSBL Langsa, dan PSGL mengirim surat secara resmi. Sementara PSAB menyampaikan dengan lisan.

“Penetapan tuan rumah berdasarkan saran serta dukungan klub yang bertanding. Karena sebelumnya, kita sudah membuat tehnical meeting pada Selasa (27/8). Bagi tuan rumah juga diminta membuat surat pernyataan siap menggelar babak 12 besar, dan termasuk jaminan keamanan,” tegas Nazir didampingi Sekum Nazaruddin, Wakil Sekretaris, Idris SHI, dan anggota ad-hock PSSI Aceh, Iptu Mawardi SH.

Pada kesempatan itu, Nazir menjelaskan, setelah pelaksanaan putaran kedua nanti, maka guliran babak enam besar dipastikan digelar di Kota Banda Aceh. Hal ini mengingat babak enam besar merupakan pusingan terpenting dari Liga 3 tahun ini, dan penentuan juara Aceh menuju tarung di Sumatera Bagian Utara (Sumbagut).

Sekretaris Umum PSBL Langsa, H Hasan Basri SH MH kepada Serambi membenarkan perihal penunjukan mereka sebagai tuan rumah. “Asprov PSSI Aceh secara resmi telah nenunjuk kami sebagai tuan rumah babak 12 besar,” kata pengacara kondang ini.

Hasan Basri menambahkan, penunjukan kembali Stadion Langsa sebagai tuan rumah juga atas dukungan klub yang bertanding di Grup E. “Panitia sudah siap melaksanakan pertandingan. Atas penetapan ini, kami mengucapkan terimakasih kepada teman-teman klub yang tergabung di grup E, dan PSSI Aceh,,” jelas ketua panitia.

Sementara Pelatih PSLS Lhokseumawe, Muklis Rasyid mengakui, kalau mereka tergabung dalam grup berat. Namun, pihaknya tetap optimis lolos ke babak enam besar. “Kita yakin lolos karena tak lepas dari kesiapan tim, dan hadirnya pemain senior, Indra Gunawan,” demikian Muklis Rasyid.(zb/bah/ran)