Simon McMenemy Senang Dua Formasi Timnas Indonesia Berjalan Baik

Pelatih timnas Indonesia Simon McMenemy makin percaya diri setelah dua formasi yang disiapkannya berjalan dengan baik ketika mengalahkan Bhayangkara FC 2-0 dalam pertandingan uji coba di Stadion Pakansari, Rabu (28/8) malam WIB.

McMenemy sejak awal sudah menyiapkan dua formasi itu sebagai kejutan untuk Malaysia, lawan yang bakal dihadapi pada laga perdana Grup G kualifikasi kedua Piala Dunia 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (5/9).

“Ujian yang sangat bagus. Sayangnya hujan turun sepanjang laga yang membuat kedua tim kesulitan, sehingga tidak bisa maksimal dalam melakukan umpan. Tapi saya senang pemain menjalankan instruksi. Kami mengubah formasi saat 20 menit terakhir. Senang rasanya jelang lawan Malaysia punya dua formasi berbeda,” beber McMenemy.

“Progres luar biasa. Anak-anak bermain bagus. Latihan seminggu ini bagaimana kami memaksimalkan passing pendek, terus pemain cepat yang ada di sisi luar lapangan. Harapan kami, melawan Malaysia kami punya banyak persenjataan untuk melawan mereka.”

Dua gol di laga uji coba ini diciptakan melalui penalti Alberto Goncalves pada menit ke-37, dan tandukan Hanif Sjahbandi (63). Performa Hanif pun mengundang pujian dari McMenemy, mengingat penggawa Arema FC itu baru satu hari bergabung dengan tim.

“Hanif mencetak gol yang bagus, dia bisa menjadi semakin baik. Dia cepat, bisa mengisi lini tengah, dan melakukan tekel. Dia bermain sebagai bek di Arema, dia masih muda, dan potensial di masa depan,” sanjung McMenemy.

Terkait kehadiran Yanto Basna dan Victor Igbonefo, McMenemy memiliki penilaian masing-masing. Hal itu disebabkan Basna sudah pernah bergabung, sementara Igbonefo baru pertama kali dipanggil McMenemy.

“Yanto sudah pernah bersama kami, jadi dia mengerti. Victor baru pertama kali di pemusatan latihan. Saya sudah pernah lihat dia di Thailand, jadi saya tahu kelebihan dan kekurangannya. Kami harus tahu batas dia, dan terus mendorongnya,” ujar McMemeny. (gk-61)