Patut Diwaspadai, Thailand Bawa Pemain Liga Belgia dan Jepang di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Timnas Thailand bersiap jelang menghadapi babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Tak tanggung-tanggung, pemain yang bermain di Liga Belgia dan Jepang turut dibawa oleh tim asuhan Akira Nishino.

Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) telah resmi mengumumkan daftar 33 pemain sementara. Nantinya, akan dipangkas lagi menjadi 23 pemain untuk masuk dalam skuat utama di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Terdapat beberapa pemain timnas Thailand yang saat ini menimba ilmu di Eropa serta di Jepang. Pemain tersebut yakni Kawin Thamsatchanan bersama klub Belgia, OH Leuven dan tiga pemain dari klub Liga Jepang, Theeraton Bunmathan (Yokohama F Marinos), Chanathip Songkrasin (Hokkaido Consodale Sapporo), dan Thitiphan Puangchan (Oita Trinita).

Pelatih Thailand, Akira Nishino mengakui bahwa dengan adanya beberapa pemain yang berkiprah di luar negeri menambah kekuatan timnya di kualifikasi Piala Dunia 2022. Namun begitu, sampai saat ini pemain yang memperkuat klub Liga Belgia dan Jepang, belum bisa bergabung bersama tim. Mereka baru akan bergabung menjalani pelatnas pada 2 September 2019.

“Pastinya tiga pemain yang bermain di Liga Jepang adalah kekuatan utama dan penting bagi tim. Tetapi karena mereka tidak bisa bergabung dengan cepat kita akan lihat ke depan, tiga orang itu merupakan bagian inti tim tetapi kami akan melihat kondisi fisik ketika mereka bergabung,” ujar Nishino dilansir dari Siamsport.

“Para pemain akan dipilih berdasarkan pada hasil di lapangan. Saya percaya semua yang datang mengikuti pemusatan latihan akan berjuang keras dan maksimal demi negara,” tambahnya.

Thailand tergabung dalam grup G, bersama dengan timnas Indonesia, Vietnam, Malaysia dan Uni Emirate Arab (UEA). Lawan pertama yang akan dihadapi Tim Gajah Putih yakni Vietnam pada 5 September dan selanjutnya timnas Indonesia pada 10 September 2019.