KTP dan Paspor Tak Kunjung Rampung, Otavio Dutra Terancam Dicoret dari Timnas Indonesia

Pemain naturalisasi Indonesia, Otavio Dutra, sedang harap-harap cemas. Bek yang memperkuat Persebaya Surabaya itu terancam batal membela Timnas Indonesia karena urusan administrasi yang tak kunjung rampung.

Status naturalisasi Otavio Dutra sudah mendapatkan persrtujuan dari DPR untuk pindah kewarganegaraan. Pemain berusia 34 tahun itu kemudian langsung mengajukan proses pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan paspor.

Namun, sepekan jelang Timnas Indonesia berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Malaysia, kelengkapan dokumen Dutra belum juga rampung. Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, menyiapkan nama lain sebagai pengganti Dutra untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk.

“Ya, paspornya belum selesai. Jadi, saya (akan) memakai pemain yang lebih siap,” kata Simon McMenemy kepada wartawan di Stadion Pakansari, Rabu (28/8/2019).

Simon McMenemy sebenarnya tidak perlu khawatir mencari pemain lain. Apalagi stok pemain belakang di Timnas Indonesia cukup melimpah.

Untuk mengisi posisi Otavio Dutra jika tak bisa membela Timnas Indonesia, Simon McMenemy bisa mengandalkan empat nama. Mereka adalah Hansamu Yama, I Made Andhika, Yustinus Pae, dan Ricky Fajrin.

Timnas Indonesia berada di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Tim Merah Putih akan bersaing dengan Uni Emirat Arab, Vietnam, Thailand, dan Malaysia.

Pada laga pembuka, Timnas Indonesia akan menghadapi Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (5/9/2019). Lima hari berselang, giliran Thailand akan menjadi lawan dari Irfan Bachdim dkk.

Timnas Indonesia wajib memaksimalkan dua laga kandang tersebut. Setelah itu, Timnas Indonesia akan menantang Uni Emirat Arab pada laga tandang yang berlangsung November 2019.