Jateng Pertahankan Gelar Juara Piala Menpora U-14

Tim Jawa Tengah melanjutkan keperkasaan dengan berhasil mempertahankan gelar juara nasional Liga Berjenjang Piala Menpora U-14 pada tahun 2019. Pada laga final, Jawa Tengah yang bermaterikan Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMPN 1 Solo menaklukkan tim Banten dengan skor 3-0.

Laga final digelar di Stadion Sriwedari, Solo, Kamis (29/8) sore. Tahun 2018 lalu, Jateng juga meraih gelar yang sama. Hanya saja, wakil Jateng yang meraih gelar juara nasional adalah tim dari SSB R2 Solo U-14.

Pada laga final itu, gol pertama Jawa Tengah dipersembahkan oleh Gerrard Dwiki pada menit ke-4. Anak asuh Agus Pratikto menggandakan keunggulan lewat Elang Vurgi Robben menit ke-17.

Dominasi tim Jawa Tengah di laga itu makin terlihat dan puncaknya gol ketiga lahir lewat Saiful Arifin di penghujung laga babak kedua. Skor 3-0 untuk kemenangan Jawa Tengah bertahan hingga laga usai. Sementara juara ketiga di ajang kali ini diraih Jawa Barat dan Jawa Timur.

Gelar juara Jawa Tengah semakin sempurna karena pemainnya, Gerrard Dwi menjadi pemain terbaik. Sedangkan Saiful Arifin memboyong gelar top skor dengan torehan lima gol. “Anak-anak tampil fight. Mereka mampu memperlihatkan perjuangan keras tak kenal lelah hinggatampil sebagai juara,” kata pelatih Agus Pratikno.

Sedangkan Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Pendidikan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Alman Hudri mengatakan Jateng memang layak menyandang gelar juara. Ia menilai kualitas permainan dan kekompakan tim tersebut patut diacungi jempol. “Saya berharap banyak daerah-daerah punya semangat pembinaan seperti pada anak-anak tim Jateng,” kata dia.

Sementara itu, Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, mengatakan prestasi itu menjadi kebanggaan bagi warga Solo. Ia juga menilai gelar juara itu menjadi penanda kebangkitan sepak bola Solo.*