Persebaya Desak PSSI Bereskan Proses Naturalisasi Otavio Dutra

Persebaya dipusingkan dengan molornya penyelesaian proses naturalisasi Otavio Dutra. Sampai sekarang stoper Persebaya itu masih berstatus pemain Brasil dan belum mendapat kewarganegaraan Indonesia.

Padahal, pengajuan naturalisasinya sudah dilakukan sejak Februari 2019. Dutra kini bahkan sudah bergabung dengan Timnas Indonesia, yang menjalani pemusatan latihan menjelang kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

“Proses naturalisasi Dutra mandeg di DPR RI. Komisi X sebenarnya sudah memberikan rekomendasi. Tinggal pimpinan DPR RI yang harus tanda tangan dan ditunggu Setneg (Kementrian Sekretariat Negara),” kata Ram Surahman, sekretaris Persebaya, kepada Bola.com, Senin (26/8/2019).

“Seharusnya kalau memang dibantu, prosesnya sudah bisa selesai. Kami mendesak PSSI untuk ikut membantu supaya dia juga bisa membela Timnas Indonesia,” imbuh Ram.

Situasi ini mengancam Dutra, yang diproyeksikan membela Timnas Indonesia. Dia berpotensi menjalani laga debut saat Timnas Indonesia menjamu Malaysia pada 5 September 2019.

Kini dengan hanya tersisa sekitar 11 hari, sulit buat Dutra segera mendapat status WNI. Pemain berusia 35 tahun itu terancam harus menunda keinginan menjalani laga debut bersama Tim Garuda.

Di sisi lain, Persebaya juga berpotensi dirugikan. Sebab, Bajul Ijo sudah mendaratkan pemain asing David da Silva. Persebaya terpaksa mencoret satu dari empat pemain asingnya jika Dutra masih berstatus pemain asing.

“Sebenarnya ini bukan hanya Persebaya, PSSI juga harus ikut membantu. Karena Dutra kalau bergabung Timnas Indonesia, harus diurus juga administrasinya,” timpal Candra Wahyudi, manajer Persebaya, kepada Bola.com.

“Kami sudah sampaikan administrasi Dutra ini belum beres. Jangan sampai PSSI melakukan blunder memanggil pemain asing untuk timnas,” ujar Candra.

Keputusan Dutra melakukan naturalisasi sebenarnya diminta oleh pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy. Dia ingin memasukkan Dutra ke timnya di kualifikasi Piala Dunia 2022.

Dutra sudah menjalani laga bersama Timnas Indonesia, meski tidak reski. Dia tampil saat Tim Merah-Putih menang 4-0 atas Persika Karawang dalam laga uji coba di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (25/8/2019). Dutra mencetak satu gol laga itu.