Tanpa Gol di SUGBK, Persija dan PSM Harus Puas Berbagi Poin

Persija Jakarta dan PSM Makassar harus puas berbagi satu poin saat berhadapan dalam laga tunda pekan ketujuh Shopee Liga 1 2019 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (28/8/2019) sore. Kedua tim tak berhasil memecah kebuntuan hingga laga berakhir imbang tanpa gol.

Pertarungan antara Persija Jakarta dan PSM Makassar berlangsung terbuka. Kedua tim sama-sama melancarkan permainan menyerang yang agresif.

Rezaldi Hehanussa langsung menggebrak dengan membantu serangan Persija pada menit ketiga. Namun, umpan silang yang dilepaskannya masih mampu dihalau oleh Rivky Mokodompit.

Sebuah peluang emas didapatkan striker PSM Makassar, Eero Markkanen, pada menit ke-19 dan Rahmat padamenit ke-24. Namun, tembakan yang dilepaskan dua pemain tersebut masih tidak akurat.

Sebuah tembakan mengarah ke gawang berhasil dilepaskan oleh Wiljan Pluim pada menit ke-32. Sayang, tembakan kapten PSM itu masih mampu ditepis oleh kiper Persija Jakarta, Shahar Ginanjar. Hingga babak petama berakhir pun kedudukan tetap imbang tanpa gol.

Permainan terbuka kembali diperlihatkan oleh kedua tim di babak kedua. Riko Simanjuntak dan Marko Simic sempat mendapatkan peluang emas saat babak kedua belum berjalan lima menit. Namun, gawang PSM masih selamat dari kebobolan.

Persija Jakarta mengoyak jala gawang PSM pada menit ke-51. Namun, wasit menganulir gol yang dicetak Novri Setiawan itu karena menganggap Ramdani Lestaluhu sudah lebih dulu melakukan handball.

Sebuah serangan bergelombang dilakukan PSM pada menit ke-60. Namun, serangan itu justru membuat Persija membangun serangan balik usai bola ditinju Shahar Ginanjar ke tengah lapangan dan dikontrol oleh Bambang Pamungkas yang sudah masuk menggantikan Ramdani Lestaluhu.

Sayang upaya membangun serangan dari Bambang Pamungkas yang memberikan bola kepada Riko Simanjuntak, tak bisa diselesaikan dengan baik oleh Marko Simic. Striker asal Kroasia itu mendapatkan umpan panjang dari Riko Simanjuntak dan mengontrol bola sebelum melepaskan tembakan yang masih melenceng ke luar gawang.

Sebuah peluang didapatkan Persija lewat tandukan Ryuji Utomo yang memanfaatkan umpan sepak pojok Ismed Sofyan pada menit ke-72. Namun, tandukan keras bek Persija itu masih mampu dihalau tangan kanan Rivky Mokodompit.

Peluang emas didapatkan Bambang Pamungkas pada menit ke-85. Mendapatkan umpan kontrol dada dari Marko Simic, Bepe melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Sayang, tembakan itu masih mampu dihalau Rivky Mokodompit.

Hingga pertandingan berakhir kedudukan imbang tanpa gol menutup pertandingan dan memaksa kedua tim berbagi poin. Persija kini memiliki 14 poin dan tetap berada di peringkat ke-15, sementara itu PSM Makassar kini mengoleksi 20 poin, jumlah yang sama dengan tim yang mereka geser dari peringkat kedelapan, Persipura Jayapura.

Susunan Pemain

Persija Jakarta (4-3-3): Shahar Ginanjar (kiper); Ismed Sofyan, Rezaldi Hehanussa, Maman Abdurrahman, Ryuji Utomo (belakang); Tonny Sucipto, Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu (tengah); Novri Setiawan, Riko Simanjuntak, Marko Simic (depan)

Pelatih: Julio Banuelos

PSM Makassar (4-3-3): Rivky Mokodompit (kiper); Aaron Evans, Abdul Rahman, Asnawi Mangkualam, Beny Wahyudi (belakang); Arfan, Marc Klok, Wiljan Pluim (tengah); Zulham Zamrun, Rahmat, Eero Markkanen (depan)

Pelatih: Darije Kalezic