Rahmad Darmawan Bantah Kekalahan Besar Tira Persikabo dari Persela karena TC Timnas Indonesia

Tira Persikabo dibantai Persela Lamongan 6-1 pada pekan ke-16 Liga 1 2019 di Stadion Surajaya Lamongan, Minggu (25/8/2019).

Tiga pemain Tira Persikabo absen di laga Persela vs Tira Persikabo karena mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia.

Mereka adalah Angga Saputra, Manahati Lestusen, dan Osas Saha yang ikut pemusatan latihan Timnas Indonesia sejak 21 Agustus 2019 lalu.

Namun meski kalah telak dari Persela Lamongan, Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan, membantah kekalahan timnya akibat banyak pemainnya ikut pemusatan latihan Timnas Indonesia.

“Saya tidak melihat itu (pemanggilan Timnas Indonesia) sebagai alasan,” kata Rahmad Darmawan seusai laga Persela vs Tira Persikabo.

“Tetapi memang saat persiapan jelang pertandingan ini kami kehilangan pemain dan akhirnya kami modifikasi skema permainan,” ujarnya.

“Contoh, Rifad (Marasabessy) saya mainkan di sayap karena kami kehilangan pemain, tapi (kekalahan) bukan karena itu,” katanya lagi.

Pelatih asal Lampung itu juga mengungkapkan, satu pemainnya, yakni Louise Parfait sedang dalam kondisi tak ideal untuk bermain.

Namun eks pemain Serie-A bersama klub Genoa itu tetap dimainkan, lantaran pelapisnya, Guntur Triaji juga tak dibawa dalam lawatan ke Jawa Timur.

“Masalah di tengah bukan hanya (absennya) Manahati, Parfait juga tak dalam kondisi bagus,” tutur eks pelatih Persija Jakarta itu.

“Guntur yang seharus menggantikan Parfait juga punya masalah. Parfait saya paksakan dalam kondisi tak bagus, dia cedera hamstring dan belum terlalu fit,” ucapnya.

Akibat kekalahan ini, Laskar Padjadjaran makin jauh tertinggal dari Bali United yang menjadi juara paruh musim Liga 1 2019.

Bali United yang baru mainkan 15 laga sudah mengumpulkan 37 poin berbanding 32 angka untuk Tira Persikabo yang mainkan 16 pertandingan.