Bek Timnas U-18 Indonesia Jalani Trial di Persib, Satu Pemain Senior Keluar

Persib Bandung resmi mendatangkan bek muda yang sempat tampil bareng timnas U-18 Indonesia, Alfeandra Dewangga, dengan status trial.

Persib Bandung kembali bergeliat pada bursa transfer putaran kedua Liga 1 2019.

Setelah mengumumkan kedatangan tiga pemain asing pada Kamis (15/8/2019), Persib kembali memperkenalkan pilar anyar pada Selasa (27/8/2019).

Pemain pertama yang diperkenalkan Persib adalah eks kiper PSS Sleman, Dhika Bayangkara.

Dhika direkrut karena Persib membutuhkan sosok kiper pengganti Muhammad Natshir yang mengalami cedera hingga akhir musim.

Selain kedatangan Dhika, Persib juga mengumumkan proses trial bek timnas U-18 Indonesia, Alfeandra Dewangga.

Dewa, sapaan Alfeandra Dewangga, merupakan pemain inti timnas U-18 Indonesia di gelaran Piala AFF U-18 2019 pada Juli lalu.

Ia bersama gelandang Persib, Beckham Putra Nugraha, sukses mengantarkan tim Garuda Nusantara merebut posisi ketiga di ajang tersebut.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, mengatakan bahwa dirinya akan menilai kemampuan sang pemain sebelum memutuskan langkah selanjutnya.

“Hari ini ada satu pemain yang datang, Dewa, dia pemain bertahan di timnas U-18 dan akan bergabung hari ini,” ujar Robert Alberts dalam sesi konferensi pers di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Selasa (27/8/2019), dilansir BolaSport.com dari Tribun Jabar.

“Kami akan memantau kemampuan dia selama 2-3 hari dan sejauh ini hanya dia pemain lokal yang akan bergabung dari (tim) luar,” ucap Robert Alberts.

Sejatinya Persib memiliki banyak stok untuk posisi yang ditempati Dewa yakni bek tengah.

Akan tetapi, Persib juga mengumumkan kepindahan eks bek Mitra Kukar, Saepuloh Maulana.

“Saepuloh meminta dirinya pergi dari klub. Dia ingin bermain mendapat tempat di tim inti yang hal itu tidak bisa kami garansi di sini,” kata Robert menambahkan.

Robert sempat menawari Saepuloh kesempatan bermain di Persib B, akan tetapi pemain berusia 30 tahun tersebut menolak.

Walhasil, Saepuloh akhirnya dicoret dari Persib pada bursa transfer paruh musim Liga 1 2019.

Soal klub tujuan Saepuloh selanjutnya, Robert mengaku tak tahu menahu.

Sempat beredar kabar bahwa Saepuloh akan pindah ke tim Liga 2 2019, Sriwijaya FC, namun spekulasi tersebut dipatahkan oleh Hendri Zainuddin, Wakil Direktur Utama PT Sriwijaya Optimis Mandiri yang menaungi Laskar Wong Kito.

“Tim mana (tujuan Saepuloh) saya tidak tahu, itu semua tergantung manajemen yang akan memberikan surat keluar dari Persib,” ujar pelatih asal Belanda itu.

Tanpa Saepuloh, Persib saat ini memiliki empat bek tengah yakni Achmad Jufriyanto, Indra Mustafa, Nick Kuipers, dan Fabiano Beltrame.

Nama terakhir yang disebut baru akan tampil membela Persib di putaran kedua andai proses naturalisasi dirinya telah rampung.