Skuat Timnas Indonesia ‘Dijajah’ Pemain Naturalisasi, Ini Tanggapan PSSI

Jelang menghadapi babak kualifikasi Piala Dunia 2022, pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy telah memanggil 26 nama pemain yang dipersiapkan untuk berlaga. Hal yang menjadi sorotan dari pemanggilan tersebut adalah banyaknya pemain naturalisasi di skuat Garuda.

Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, skuat timnas Indonesia saat ini dibanjiri oleh para pemain naturalisasi. Total, ada 6 pemain naturalisasi yang dipanggil pelatih Simon untuk membela timnas Indonesia di babak kualifikasi Piala Dunia 2022.

Keenam pemain naturalisasi yang dimaksud antara lain, Otavio Dutra, Victor Igbonefo, Stefano Lilipaly, Greg Nwokolo, Beto Goncalves, dan Osas Saha.

Banyaknya pemain naturalisasi yang dipanggil menimbulkan sejumlah pro-kontra dari berbagai pihak. Hal ini pun seakan meragukan kemampuan dari pemain lokal yang juga ingin berhasrat membela timnas Indonesia.

Menanggapi hal ini, Direktur Teknik PSSI, Danurwindo mengungkapkan bahwa hal itu merupakan keputusan sepenuhnya dari pelatih Simon McMenemy.

“Hal itu (pemanggilan pemain naturalisasi) tentunya ada alasan tersendiri bagi Simon.” ujar Danurwindo

“Namun, sebagai mantan pelatih, saya punya cara bermain yang ingin diterapkan. Bagaimana kita harus membangun serangan, bila dari belakang tidak ada pemain yang mungkin bisa kita andalkan.”

“Jadi, kembali lagi pemain-pemain yang dipanggil adalah pemain yang dianggap sesuai dengan gaya permainan yang dimaksud pelatih.”
Meski begitu, Danurwindo tentu berharap agar pemain-pemain lokal bisa bersaing ke depannya untuk bisa berjuang mendapatkan tempat di skuat timnas Indonesia.

“Bakat saja tidak cukup, tapi harus diimbangi dengan intelegensi. Ini yang harus dikembangkan oleh pemain lokal kita agar nanti pemain naturalisasi yang ada di timnas Indonesia tidak seperti sekarang ini.”

Meski begitu, Danurwindo tentu berharap agar pemain-pemain lokal bisa bersaing ke depannya untuk bisa berjuang mendapatkan tempat di skuat timnas Indonesia.

“Bakat saja tidak cukup, tapi harus diimbangi dengan intelegensi. Ini yang harus dikembangkan oleh pemain lokal kita agar nanti pemain naturalisasi yang ada di timnas Indonesia tidak seperti sekarang ini.” ucapnya

1 Comment

  1. Seharusnya kalau mereka lebih baik tidak perlu dipermasalah mereka khan sudah Indonesia dan yang dipanggil semuanya sudah lama bermain di Indonesia
    Kalau tiba tiba ada pemain yang dinaturalisasi karena ada even itu yang perlu dipermasalah. dan ini khan masih tahap seleksi, pelatih pasti pilih yang terbaik, walaupun naturalisasi kalau jelek pasti tidak dipilih

Comments are closed.