Diprotes Tiket Mahal, PSSI Tawarkan Asuransi dan Merchandise

Federasi sepak bola Indonesia, PSSI belakangan dikecam penggemar Timnas Indonesia jelang putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Lantaran dinilai menerapkan harga tiket yang sangat mahal untuk dua pertandingan  penyisihan grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, awal September ini. Rentang harga dari Rp125 ribu hingga Rp1 juta dinilai tidak wajar dan membebani penonton.

Menjawab hal itu, PSSI secara tidak langsung mengungkapkan alasan lain dibalik mahalnya harga tiket.

Rupanya, PSSI berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk suporter, yakni dengan menawarkan kenyamanan menonton di stadion berupa adanya jaminan asuransi dan hadiah langsung berupa merchandise untuk setiap penonton.

“Suporter adalah pemain ke-12 karena itu kami terus berupaya memberikan pelayanan terbaik saat mendukung tim nasional di Stadion.”

“Kenyamanan dan keamanan menjadi perhatian besar kami karena itu setiap penonton yang membeli tiket dicover asuransi,” kata Deputi Sekretaris Jenderal PSSI, Marshal Masita.

“Setiap suporter juga akan mendapatkan merchandise Timnas untuk mengenang momentum Timnas,” imbuhnya.

Menurut Marshal, harga tiket sudah disesuaikan dengan standard pelayanan yang akan diberikan kepada suporter. Untuk kategori 1 jumlah tiket yang dilepas sebanyak 21.045 (28 persen), kategori 2 sebanyak 13.104 (17 persen) dan kategori 3 sebanyak 32.284 lembar (43 persen).

“Prinsip kita adalah dari suporter untuk suporter. Kita sadar bahwa suporter bagian penting dari sepak bola Indonesia,” ujarnya.

Untuk asuransi PSSI bekerja sama dengan Mandiri In Health yang akan menanggung seluruh biaya bila terdapat suporter yang mengalami kecelakaan atau meninggal dunia saat menyaksikan pertandingan tim nasional Indonesia di stadion.

Dengan adanya proses kerja sama antara PSSI dan Mandiri In Health, para suporter tidak perlu khawatir akan biaya dan pengobatan bila mengalami kecelakaan atau cedera.

“Asuransi kesehatan dan polis bagi suporter Timnas Indonesia dari Mandiri In Health akan berlaku untuk para suporter di stadion.

Santunan akan diberikan jika supporter mengalami meninggal karena sakit, meninggal karena kecelakaan, cacat karena kecelakaan dan menjalani perawatan karena kecelakaan di stadion,” urai Marshal.

Sementara itu, untuk Merchandise, penonton pemilik tiket sky box akan mendapat handuk, balon tepuk, gantungan kunci (2 buah), pouch, jacket, coaster set dan sticker emblem.

Penonton VIP Barat dan Timur akan mendapat handuk, balon tepuk, pouch, tempelan kulkas dan sticker emblem.

Sedangkan penonton dengan tiket kategori 1 mendapat handuk, balon tepuk, tempelan klukas dan sticker emblem. Lalu penonton di kategori 2 mendapat handuk, balon tepuk, dan sticker emblem serta terakhir, penonton kategori tiga mendapat handuk dan balon tepuk.

Dua pertandingan Timnas Indonesia pada awal bulan depan adalah melawan Malaysia pada tanggal 5 September 2019 dan lima hari berikutnya menantang Thailand.

Harga Tiket Pertandingan

VIP Barat : Rp 1.000.000

VIP Timur: Rp 750.000

Kategori 1: Rp 350.000                                                                                                            

Kategori 2: Rp 175.000

Kategori 3: Rp. 125.000