Timnas U-23 Bakal Jalani TC Jangka Panjang, PSSI Izin ke Klub

Tim nasional U-23 tengah disiapkan PSSI untuk terjun dalam SEA Games 2019 di Filipina, 30 November-11 Desember. Kini, federasi sepak bola tertinggi Tanah Air itu sedang bersiap-siap meminta izin ke klub.

Pasalnya, Garuda Muda bakal menjalani pelatnas jangka panjang mulai bulan depan hingga SEA Games berlangsung. Kondisi itu pasti berpengaruh ke klub-klub kontestan Liga 1 2019.

Mayoritas pemain timnas U-23 besutan Indra Sjafri itu adalah pemain di klub-klub Liga 1. Tak jarang ada yang berstatus pemain inti sehingga sangat dibutuhkan klub.

Alhasil, PSSI dan tim pelatih timnas U-23 butuh koordinasi dengan klub-klub Liga 1. Bisa dibilang, mereka harus minta izin kepada klub masing-masing pemain untuk “meminjamnya” dalam jangka waktu sekitar dua bulan.

“Selain persipaan pada September, mulai Oktober masuk periodesasi yang panjang sampai November. Mungkin ada TC (training camp) yang lebih panjang dari biasanya,” ucap Ratu Tisha, Sekjen PSSI kepada Bolalob.

“Kondisi ini yang harus diobrolkan kembali dengan klub mengingat pemain-pemain kan banyak berstatus pemain inti di klubnya masing-masing,” kata Tisha.