Edisi Pertama Indonesia Junior League U-13 Berlangsung Ketat

Indonesia Junior League (IJL) U-13 2018/19 telah rampung, dan menghasilkan M’Private Soccer School sebagai juara. Tim asal Cileungsi itu mengalahkan Garec’s di final, dengan skor 3-2 lewat adu penalti.

Sempat bermain imbang 1-1 dalam waktu 2×25 menit di Lapangan Nirwana Park Sawangan pada Sabtu (24/8), M’Private unggul lebih dulu melalui Ahmad Riza, namun Daffa Ardias memaksa skor menjadi imbang.

Bima Aidil sebagai kiper M’Private menjadi bintang utama pada drama adu penalti, dengan mampu mementahkan tiga tendangan dari pemain Garec’s. M’Private pun menjadi juara edisi pertama IJL U-13.

Kompetisi ini berjalan mulai 14 Oktober 2018. Diikuti 28 tim yang terbagi dalam dua grup, dengan sistem setengah kompetisi hingga kemudian dilanjutkan ke babak fase 16 besar, delapan besar, semi-final sampai final.

Rezza Mahaputra Lubis selaku CEO dari IJL U-13 menilai edisi pertama ini sangat kompetitif dan penuh kejutan, salah satunya adalah gugurnya tim sekelas ASIOP pada babak delapan besar.

“Menariknya meski edisi pertama, tidak ada tim yang terlalu superior, jalannya laga sulit diprediksi, secara pribadi saya happy karena semua tim jadi bisa ikut bersaing,” buka Rezza.

“Persaingan yang ketat bisa menghasilkan pemain yang kuat tidak hanya skill dan teknik tapi juga mental bertanding. Satu lagi, tiap pelatih bisa saling meraba lewat kekuatan lewat video rekaman pertandingan yang kami rilis tiap pekannya di YouTube IJL,” imbuhnya.

Nantinya akan ada tim elite yang terbentuk dari pemain-pemain terbaik jebolan IJL U-13 edisi pertama ini. Tim tersebut akan membawa nama Indonesia untuk bersaing di level internasional.

“Tradisi kami memang tiap musimnya membentuk tim IJL Elite, kumpulan dari anak-anak terpilih yang disaring dari skuat All Stars. Ada kebanggaan tersendiri mengumpulkan mereka dalam satu payung yang sama,” tutup Rezza.

Sementara Indonesia Rising berhasil menduduki peringkat ketiga ajang tersebut. Klub asal Tangerang Selatan ini mengalahkan ASTAM lewat adu penalti dengan skor 5-4.