Alex dos Santos Merendah meski Kembali Jadi Bintang Lapangan

Alex dos Santos kembali menjadi bintang lapangan bagi Persela Lamongan dalam lanjutan Liga 1 2019. Terbaru, ia berhasil mengemas hat-trick saat tim berjulukan Laskar Joko Tingkir tersebut melumat PS Tira Persikabo dengan skor telak 6-1 di Stadion Surajaya, Minggu (25/8/2019) malam. Alex menjebol gawang tim tamu pada menit ke-24, 55 dan 75.

Berkat torehannya tersebut, sang striker kembali memuncaki daftar pencetak gol terbanyak sementara Liga 1 dengan torehan 15 gol. Dia mengungguli striker Persija Jakarta, Marko Simic, yang terpaut 3 gol.

Meski menjadi bintang, Alex tak mau jemawa. Dia mengakui, hasil positif tersebut berkat kerja keras tim. “Semua pemain bermain bagus hari ini. Terus terang saya tidak bermain seorang diri, semua kompak,” ujarnya usai laga.

“Semua dapat menjalankan instruksi pelatih dengan baik untuk lakukan serangan balik, semua berjalan dengan baik step by step dan hasil pertandingan pun cukup baik.”

Ia pun mengaku, selain ingin mempersembahkan yang terbaik untuk tim yang diperkuatnya saat ini, ada hal lain yang membuat dirinya cukup bersemangat dalam membobol gawang lawan setiap kali memperkuat Persela.

“Tentu saja saya punya motivasi. Keluarga saya, anak dan istri saya yang tinggal di Brasil. Merekalah yang menjadi motivasi buat saya,” kata dia.

Kendati senang bisa mencetak hat-trick, Alex menyatakan, ada hal yang lebih penting untuk dicapai, ketimbang memuncaki daftar pencetak gol terbanyak. “Saya sangat senang, saya bisa cetak hat-trick dan paling penting kami dapat 3 poin,” ujarnya.

“Saya tidak cetak gol pun tidak mengapa, asal tim bisa menang, sebab 3 poin buat tim itu sangat penting,” tambah Alex.

Selain hat-trick yang dipersembahkan Alex, pundi-pundi gol Persela ke gawang Tira dalam laga ini berkat brace Rafael Gomes (Rafinha) menit ke-28 dan menit ke-62 serta tendangan keras Birrul Walidain pada menit ke-82. Sementara itu, satu-satunya gol Tira dihasilkan lewat mantan pemain Persela, Loris Arnaud, pada menit ke-70.

Kemenangan ini juga membuat Persela keluar dari zona degradasi. Kini, tim besutan Nilmaizar tersebut menempati urutan ke-14 klasemen sementara Liga 1 2019. Laskar Joko Tingkir mengumpulkan total 15 poin dari 15 laga, hasil dari tiga kali menang dan enam kali seri.

Persela unggul dua poin atas Persija Jakarta dan Perseru Badak Lampung yang berada di bawahnya. Sedangkan bagi Tira, hasil ini membuat mereka gagal memangkas jarak dengan Bali United yang berada di puncak. Kini, tim besutan Rahmad Darmawan tersebut mengumpulkan 32 poin, terpaut lima angka dari Bali United.