Simon Terapkan Taktik Baru pada Laga Uji Coba Timnas

Pelatih Indonesia Simon McMenemy akan menerapkan strategi baru pada laga uji coba yang digelar Ahad (25/8) dan Kamis (29/8). Simon menyiapkan alternatif permainan untuk menghadapi lawan-lawan Indonesia dalam laga Grup G Kualifikasi zona Asia Piala Dunia 2022.

“Harapan kami ada dua formasi berbeda,” kata Simon di Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat, Jumat (23/8).

Menurut pelatih asal Skotlandia itu, timnas Indonesia penting memiliki beberapa taktik dalam pertandingan internasional seperti halnya menghadapi Malaysia dalam laga perdana Grup G Kualifikasi zona Asia Piala Dunia 2022, Kamis 5 September nanti. Salah satu caranya, Simon mencoba menempatkan beberapa pemain pada posisi baru.

“Kami harus bisa memberikan kejutan untuk lawan agar dapat memiliki kesempatan lebih besar untuk menang,” tutur dia.

Indonesia akan menjalani dua laga uji coba sebelum menghadapi Malaysia pada pertandingan pertamanya di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, dua pekan nanti. Kedua laga itu adalah melawan tim Liga 2, Ahad (25/8) dan menghadapi Bhayangkara FC, Kamis (29/8) pekan depan. Lawan dari tim Liga 2 akan diumumkan kemudian.

Simon memanggil 24 pemain untuk menjalani TC sebagai persiapan kualifikasi zona Asia Piala Dunia 2022. TC dimulai Kamis (22/8) lalu.

Simon McMenemy memastikan dua pemain Persija, Riko Simanjuntak dan Novri Setiawan, akan kembali ke skuatnya suatu saat. Riko dan Novri tidak masuk jajaran pemain yang dipanggil menjalani TC.

“Kami memiliki hubungan baik dengan mereka. Tidak usah khawatir, mereka akan kembali,” kata Simon.

Pelatih asal Skotlandia itu yakin Novri mengerti alasan dia tidak dipanggil. Simon menyinggung kartu merah Novri saat Persija menghadapi Persib Bandung pada pertandingan Liga 1 Indonesia, Juli 2019. Novri mendapatkan kartu merah langsung setelah berlaku tidak sportif terhadap penyerang Persib Ezechiel N’Douassel.